Pengumuman hiatus dari sebuah seri atau mangaka atau seorang artist bisa terasa sebagai sesuatu yang mengkhawatirkan, apalagi kalau alasannya adalah karena masalah kesehatan. Dan sayagnya hal tersebut juga terjadi baru-baru ini pada sebuah seri animanga yang popularitasnya sedang melonjak lumayan tinggi saat ini, yaitu seri Jujutsu Kaisen, dimana sang mangaka seri itu diumumkan akan masuk masa hiatus selama sebulan.

Jujutsu Kaisen mengisahkan seorang anak muda bernama Itadori Yuji yang terseret dalam dunia kutukan saat ia berusaha membantu Fushiguro seorang Jujutsu Sorcerer melawan roh jahat yang tak sengaja dilepas oleh teman sekolahnya, dan membuat Yuji memiliki roh dari Sukuna sang raja kutukan berdiam dalam tubuhnya.

Manga tersebut dibuat oleh Akutami Gege dan diserialisasikan dalam majalah manga mingguan Shonen JUMP yang dimulai Maret 2018 lalu dan masih berjalan sampai sekarang. Manga itu juga memiliki adaptasi anime yang dianimasikan studio MAPPA yang tayang dari musim Fall 2020 sampai Winter 2021, dan ada juga projek movie prequel.

Adaptasi anime tersebut membuat Jujutsu Kaisen menjadi salah satu seri terpopuler saat ini yang bahkan sempat jadi lebih trending daripada One Piece sang anak emas Shonen JUMP dan membuat penjualan dan sirkulasi manga seri itu melonjak sangat tinggi. Hal tersebut membuat banyak fans yang menyebut seri itu sebagai Kimetsu berikutnya.

Dan sekalian balik pada topik utama, seperti yang dikatakan diawal manga tersebut diumumkan akan hiatus selama sekitar sebulanan, yang diumumkan oleh Twitter resmi majalah Shonen JUMP. Dijelaskan kalau hiatus itu adalah karena kesehatan Akutami sensei yang lagi buruk, walau ditambahkan kalau isunya tidak terlalu parah dan kesehatan mentalnya baik-baik saja.

Dijelaskan juga kalau sebenarnya pihak editorial dari Shonen JUMP telah meminta Akutami untuk beristirahat, tapi ia ingin menyelesaikan menggambar Jujutsu Kaisen. Tapi akhirnya kini ia memutuskan untuk break setelah diskusi lagi dengan pihak editorial JUMP dan memohon maaf pada pembaca. Sebelum ini ia juga pernah break seminggu yang juga karena masalah kesehatan pada bulan Februari.