Sesuatu yang mengkhawatirkan saat ada kabar artist atau mangaka yang hiatus, apalagi kalau itu karena alasan kesehatan. Tapi kadang alasan macam itu bisa juga memiliki situasi yang tidak terasa sedih, seperti pada mangaka dari seri Joshikousei Mudazukai, yang kemarin-kemarin memberikan kabar kalau manga tersebut akan hiatus dikarenakan sang mangaka yang perlu beristirahat, karena ia baru melahirkan.

JoshiKousei no Mudadzukai adalah seri manga yang dibuat oleh Biino yang dimulai sejak tahun 2015. Manga dengan genre slice of life high school comedy tersebut memiliki struktur seperti manga Danshi Koukousei no Nichijou. Dimana ceritanya tidak berseri tapi merupakan manga 4koma mengisahkan keseharian para karakter sebuah SMA.

Bedanya, adalah JoshiKousei no Mudadzukai sesuai dengan kata Joshi pada judulnya mengisahkan karakter yang merupakan siswi SMA, yang tidak kalah koplak. Dari beberapa kumpulan karakter itu, trio yang utama adalah Tanaka yang gaje jadi dijuluki Baka, Sakuchi yang punya hobi animanga jadi dijuluki Wota, dan Saginomiya yang monoton jadi dijuluki Robo.

Manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi seri TV anime dan juga seri dorama. Anime Joshikousei no Mudadzukai tayang pada musim Summer 2019 dan dianimasikan oleh studio Passione. Sementara untuk seri dorama itu dirilis pada bulan Januari 2020 dan dibintangi Okada Yui, Tsunematsu Yuri, dan Nakamura Yurika.

Dan saat ini mina-san pada region Asia Tenggara dapat menonton anime Joshikousei no Mudadzukai dengan mudah dan gratis dari Youtube melalui channel Muse Asia dengan pilihan subtitle Inggris dan Mandarin. Selain itu, anime tersebut juga telah dirilis dengan subtitle Indonesia melalui channel Muse cabang Indonesia.

https://twitter.com/bambi_no_3/status/1402822959396384777

Tapi kembali pada topik utama, baru-baru ini diumumkan kalau manga Joshikousei no Mudadzukai akan masuk masa hiatus, yang tidak dikatakan akan berlangsung sampai kapan. Dan untuk alasannya, adalah karena Biino sang mangaka perlu beristirahat memulihkan tenaganya setelah melahirkan anak pertamanya.

Dikatakan kalau sang mangaka tidak ada masalah dalam melahirkan putranya tersebut. Kelahiran tersebut juga bertepatan dengan perilisan volume 9 dari manga Joshikousei no Mudadzukai. Omedetou Biino sensei~!