Kabar yang terasa menyakitkan saat ada manga atau mangaka yang hiatus, dan lebih mengkhawatirkan lagi jika alasan dari hiatus tersebut dikarenakan masalah kesehatan dari sang mangaka. Dan hal tersebut juga terjadi lagi pada manga Grand Blue, dimana diumumkan kalau mereka masuk masa hiatus karena sakitnya salah satu mangaka seri itu, Inoue Kenji, dan akan berlangsung sampai ia sembuh.

Grand Blue yang dilokalisasikan juga sebagai Grand Blue Dreaming adalah manga slice of life comedy yang digambarkan oleh Yoshioka Kimitake dan dengan cerita yang dibuat oleh Inoue Kenji yang diserialisasikan dalam majalah manga seinen Good! Afternoon sejak April 2014.

Manga tersebut mengisahkan kehidupan seorang pemuda bernama Kitahara Iori yang pindah ke Izu untuk melanjutkan kuliahnya, dan selama disitu ia tinggal di Grand Blue, toko peralatan diving milik kerabatnya. Kekocakkanpun datang dengan ia dan temannya, Imamura Kouhei, jadi diseret terlibat dengan klub diving daerah itu.

Manga tersebut telah diadaptasi menjadi anime yang diproduksi oleh studio anime Zero-G dan disutradai dan juga ditulis oleh Takamatsu Shinji. Anime tersebut ditayangkan pada musim Spring 2018 sebanyak 12 episode. Dan setelah itu animanga tersebut juga mendapatkan adaptasi dalam bentuk film live-action yang disutradai oleh Hanabusa Tsutomu.

Film tersebut terkenal menggaet beberapa aktor tokusatsu, termasuk Ryuusei Ryou pemeran Kiryuu Daigo alias KyoryuRed sebagai Iori dan juga Inukai Atsuhiro pemeran Kiryuu Sento sang Kamen Rider Build sebagai Kouhei. Film tersebut dirilis Agustus 2020 di Jepang setelah kena delay coronavirus.

Tapi balik ke topik utama, baru-baru ini Twitter resmi manga Grand Blue memberikan pengumuman kalau takkan ada chapter baru dari manga tersebut dalam isu baru majalah Good! Afternoon. Seperti yang dikatakan diawal, hal itu dikarenakan Inoue Kenji sang mangaka tidak enak badan.

Dikatakan kalau Inoue mengalami kesakitan pada bagian punggung bawahnya, yang bisa terjadi dikarenakan ia kebanyakan kerja. Oleh karena itu, manga Grand Blue masuk masa hiatus sampai Inoue menyembuhkan dirinya. Semoga cepat sembuh ya sensei!