Mangaka Golgo13 Saito Takao Meninggal

0
18

Sesuatu yang extra sedih saat muncul kabar duka dari creator sebuah seri yang masih tengah berjalan. Contoh yang besar beberapa bulan lalu adalah meninggalnya Miura Kentaro sang mangaka dari seri Berserk, membuat kelanjutan seri itu jadi dipertanyakan. Kali ini ada berita macam itu lagi, dengan kabar meninggalnya Saito Takao, seorang mangaka yang terkenal sebagai creator dari seri manga tertua yang masih berjalan, Golgo13.

GOLGO 13 adalah manga bergenre Seinen yang dibuat oleh Saito Takao yang dimulai tahun 1968, mengisahkan seorang assassin dalam menjalankan misinya yang bernama Tougo yang juga memiliki beragam nama, dari Duke Tougo, Tougo Rodriguez, Tougo Tadashi, dan lain-lain lagi.

Manga itu juga telah mendapatkan beberapa adaptasi anime. Dengan seri anime yang tayang tahun 2008-2009, 1 film anime yang tayang tahun 1983 dan 2 film live-action yang dirilis tahun 1973 dan 1977, dan juga 2 game yang dirilis untuk konsol NES atau Nintendo Entertainment System.

Seri tersebut diserialisasikan dalam majalah manga Big Comic dari awal dan masih berlanjut sampai sekarang disitu, walau pada tahun 2020 kemarin mereka sempat masuk hiatus dikarenakan masalah pandemik coronavirus demi menjaga kesehatan sang mangaka dan para staff asisten manga itu.

Ini membuat manga tersebut menjadi seri manga paling tua yang masih diterbitkan, dan tahun ini juga memecahkan rekor dunia menjadi seri manga terpanjang yang pernah dengan mengalahkan seri manga Shonen terpanjang dengan jumlah total 200 volume, Kochikame, dimana Golgo13 tak hanya telah merilis buku volume 201 tapi telah merilis volume 202 diawal bulan ini.

Tapi balik pada topik utama, seperti yang dikatakan diawal, Saitou Takao sang mangaka dan creator dari Golgo 13 dikabarkan telah meninggal dunia. Dikatakan kalau sang mangaka meninggal minggu lalu pada tanggal 24 September diumurnya yang ke-84 tahun, dan penyebab kematiannya adalah dikarenakan kanker pankreas.

Tapi untungnya bagi fans seri Golgo 13, telah dikatakan kalau manga tersebut tidak akan selesai. Shogakukan mengatakan sebelum kematiannya Saitou telah mengatakan ia ingin manga itu tetap lanjut, dengan produksinya dibuat oleh grup Saitou Production dengan bantuan dari para editor majalah manga Big Comic dan tambahan tim penulis lainnya.