Kabar hiatus dari mangaka memang tak begitu menyenangkan karena itu berarti seri mereka jadi terhenti sementara, yang bahkan bisa sampai lebih dari setahun, dan juga bisa mengkhawatirkan jika penyebabnya berhubungan dengan kesehatan, yang bisa berpotensi tak lanjut. Tapi kadang ada juga yang meski mengkhawatirkan bisa juga terasa positif, seperti hiatus yang terjadi pada mangaka Golden Kamui manga baru-baru ini.

Golden Kamui adalah manga buatan Noda Satoru yang diserialisasikan dalam majalah manga mingguan Young JUMP sejak 2014 lalu dan masih berlanjut sampai sekarang. Tapi seperti yang dikatakan diawal, manga tersebut kini sedang tidak berlanjut, dengan isu 12 majalah manga tersebut untuk edisi minggu ini tidak menerbitkan manga Golden Kamui.

Twitter official dari manga tersebut memberikan alasan kenapa tidak adanya chapter baru minggu ini, dan dikatakan kalau itu karena Noda beristirahat karena kelahiran anaknya. Akan tetapi untungnya haitus ini tidak begitu lama, karena dikatakan kalau manga Golden Kamui akan lanjut lagi pada isu 13 majalah manga Young JUMP minggu depan.

Manga Golden Kamui mengisahkan seorang veteran dari Perang Rusia Jepang bernama Sugimoto Saichi “sang immortal” dalam petualangannya untuk mencari harta emas tersembunyi dari orang-orang Ainu di Hokkaido, ditemani dengan seorang anak perempuan Ainu bernama Asirpa.

Tapi ini bukanlah petualangan yang mudah, bahkan sangat berbahaya karena bukan hanya Sugimoto yang mencari emas tersebut, dan banyak pihak-pihak lain yang lebih tak berbelas kasihan dalam pencarian mereka, belum lagi alam Hokkaido itu sendiri yang dingin dan brutal.

Manga Golden Kamui juga telah diadaptasi menjadi anime, yang dianimasikan oleh Geno Studio dan disutradai oleh Nanba Hiroshi. Anime tersebut pertama tayang pada musim semi tahun 2018 lalu sepanjang 1 cour alias 12 episode.

Setelah itu season keduanya tayang pada musim gugur dalam tahun yang sama yang juga tayang sepanjang 1 cour. Anime tersebut juga telah merilis beberapa OVA. Dan tahun 2019 lalu diumumkan kalau anime tersebut akan mendapatkan season ketiga.