Wiih…. Akhirnya kita memasuki bulan Desember, bulan terakhir tahun 2016 ini. Siapa yang sudah dapat game Final Fantasy XV? Siapa yang lagi memainkannya sekarang? Yang sudah dapat dan lagi main selamat ya 😉 Yang belum, sabar dulu yaa hehehe. Mainkan sampai marathon berhari-hari tanpa tidur (tapi disarankan jangan). Tapi ternyata memainkan FFXV belum tentu akan makan waktu yang lama. Karena ada kabar yang sangat mengejutkan baru-baru ini. Mashima Hiro, Mangaka Fairy Tail, berhasil menamatkan FFXV dalam waktu 2 hari loh!

Mangaka Fairy Tail

Oke kalau dihitung-hitung nggak tepat dua hari juga sih. Lebih tepatnya sekitar 36 jam, atau satu setengah harian. Yang justru malah lebih mengejutkan lagi rasanya. Sebelumnya sang mangaka Fairy Tail, Mashima-sensei sendiri telah mengatakan dalam Twitternya kalau ia sedang menunggu perilisan Final Fantasy XV. Ia memberikan tweet tersebut pada tanggal 28 November, empat jam sebelum perilisan game Final Fantasy XV. Sambil mengatakan keuntungan kerja self-employed, yaitu ia bebas meliburkan diri untuk membeli game itu. Mantap Mashima-sensei 😀 tapi manga-nya jangan sampai telat deadline juga ya hehehe.

Dan kemudian setelah itu ia tak memberikan update apapun dalam Twitter-nya. Benar-benar sunyi senyap total tanpa update Twitter apapun. Kemungkinan besar ini karena ia benar-benar memainkan FFXV maraton tanpa berhenti. Hingga sekitar 36 jam kemudian, pada tanggal 30 November kemarin, ia memberikan update Twitter. Ia mengatakan kalau ia telah meng-Clear, dengan kata lain menamatkan game FFXV. Sambil memuji keindahan musik game-game Final Fantasy saat ini.

Tapi apakah benar game Final Fantasy XV hanya berdurasi sepanjang itu? Ataukah Mashima-sensei sangat mengebut-ngebut story-nya tanpa level grinding? Sebelumnya juga sempat muncul berita adanya gamer yang berhasil menamatkan Final Fantasy XV dalam waktu lebih cepat lagi. Tak ada sehari 24 jam, hanya sekitar 17 jam malah!

ffxvtamat

Player anonymous ini mengupload foto save file miliknya ke sebuah website image board Jepang, yang menunjukkan lama mainnya dan levelnya. Player tersebut juga mengaku memainkannya dengan normal tanpa skip-skip. Dan menimbulkan berbagai reaksi dari image board tersebut. Ada yang tak begitu percaya, ada yang berpendapat ia tak melakukan side quest apapun, ada yang kecewa akan panjang cerita yang hanya segitu saja, dll.

Sutradara FFXV, Tabata Hajime, mengatakan kalau game normal Final Fantasy XV diperkirakan akan memakan waktu 40-50 jam, dan bisa mencapai 200 jam untuk menyelesaikan semua side quest dalam game itu. Kalau melihat durasi main Mashima-sensei sih rada mendekati durasi main normal. Tapi yaa kita sepertinya takkan tahu detailnya. Bagaimana dengan mina-san? Bagaimana pendapatnya bagi yang sedang memainkan FFXV?