Dimana ada awal bisa ada akhir, dan dalam dunia animanga, kadang kedua hal tersebut bisa terjadi diwaktu yang berdekatan. Seperti saat manga Umaru-chan yang tamat saat season baru animenya baru mulai, atau saat manga Handa-kun tamat tak lama sebelum animenya tayang. Kali ini ada kabar yang serupa dengan seri Handa-kun itu, karena diumumkan manga Tokyo Ghoul re tamat sebentar lagi dan animenya lanjut ke season 2.

Ya, kabar yang bikin sedih nih bagi para fans Tokyo Ghoul. Apalagi dengan anime adaptasi Tokyo Ghoul :re saat ini sedang tayang. Memang kabar ini terasa begitu pahit manis. Pahit atas manga tamat, tapi juga manis dengan adanya konfirmasi kelanjutan anime itu.

Kita bersakit-sakit dahulu dan bersenang-senang kemudian deh mina-san, dengan detail tamatnya manga Tokyo Ghoul :re. Yang telah diberikan hint dari tweet sang mangaka Ishida Sui beberapa waktu lalu, yang tiba-tiba saja hanya mengatakan “sudah deh” begitu saja tanpa konteks apapun pada akhir Januari kemarin, dan arc final juga dimulai pada bulan Februari.

Tweet macam itu tentu membuat para fans khawatir, dan kekhawatiran fans terjawab. Setelah minggu lalu diumumkan kalau seri Tokyo Ghoul :re akan memberikan Pengumuman Besar, dalam majalah manga Young Jump vol. 28 yang dirilis minggu ini, diberikan dua kabar, dan salah satunya adalah konfirmasi tamatnya Tokyo Ghoul.

Dikatakan kalau manga Tokyo Ghoul :re akan tamat dalam 3 chapter lagi. Jika mengikuti jadwal per minggu tanpa adanya halangan apapun, diperkirakan chapter final Tokyo Ghoul :re akan dirilis pada awal bulan Juli nanti.

Duh sedih ya mina-san.. Tapi ada kabar yang positif juga. Karena seperti yang dibilang, kabar lain dari Pengumuman Besar tersebut adalah pengumuman akan season baru dari anime Tokyo Ghoul :re yang sedang tayang.

Diumumkan kalau season 2 dari anime Tokyo Ghoul :re akan dimulai pada bulan Oktober nanti, dan diperlihatkan teaser visual yang menampilkan Kaneki dan Touka. Selain itu, dikabarkan kalau episode 12 dari anime Tokyo Ghoul :re akan tayang tanggal 19 Juli, berjudul “Yoake(matahari terbit) Beautiful Dream”.

manga tokyo

Comments