Sebelumnya kita telah melihat list Light Novel terlaris di Jepang diawal 2017 ini. Tapi dikalangan otaku, ada juga media buku lagi yang masih terkenal, yaitu media Manga. Walau sirkulasi print manga fisik berkurang, media tersebut tetap ada dalam bentuk digital. Yang berarti walau bentuknya berubah, tetap saja media itu tetap ada dan laris terjual. Dan sekarang kita akan melihat list Top 10 seri Manga terlaris di Jepang diawal 2017 ini.

Sama dengan sebelumnya, list ini diterbitkan website Oricon. List ini mencakup perkiraan angka penjualan seri manga dari bulan November tahun 2016 sampai bulan Mei 2017 ini. Karena itu angka ini dikatakan list manga terlaris diawal tahun 2017.

10 – Shokugeki no Souma

Karya: Tsukuda Yuuto, Saeki Shun, Morisaki Yuki
Angka penjualan: 1.469.092

List Top 10 manga terlaris ini kita buka dengan seri yang dapat membuat berat badan naik dengan art makanan (dan karakternya) yang HOT. Sampai butuh tiga orang untuk membuat manga ini 😀 tapi itu wajar karena ini cooking manga bersetting dunia nyata. Selain Tsukuda Yuuto yang menggambar dan Saeki Shun sebagai author yang menulis cerita, ada kooperasi dengan Morisaki Yuki yang merupakan seorang ahli gizi dan koki. Wajar penjelasan makanannya sebagus gambarnya. Bahkan ada tempe loh! 😀 #bangga

manga terlaris

 

9 – Detective Conan

Karya Aoyama Gosho
Angka penjualan: 1.653.403

Berikutnya adalah si detektif cilik yang rasanya bakal cilik-cilik terus seperti nobita 😀 dari 1994 sampai 2017 ini rasanya belum besar-besar juga. animenya juga masih saja lanjut sampai sekarang, dan telah dibuat sampai 21 movie! Tapi setidaknya kisahnya yang penuh puzzle membuat otak pembaca tetap berputar dan ingin tahu.

8 – Nanatsu no Taizai

Karya Suzuki Nakaba
Angka penjualan: 1.881.062

Lalu ada Nanatzu no Taizai atau Seven Deadly Sin, yang sayangnya tak dapat posisi 7 😀 tapi posisi 8 tetap sesuatu yang besar. Adaptasi animenya tayang dari 2014-2015 dan mini seri anime yang ditulis Nakaba sensei sendiri, Seisen no Shirushi, tayang ditahun 2016. Belum ada kabar anime ditahun 2017 ini, tapi karena penjualan manganya sebagus ini, semoga saja ada proyek anime baru lagi ya 😉

7 – One Punch Man

Karya: ONE sebagai original author & Murata Yuusuke sebagai artist
Angka penjualan: 1.982.356

Dan diposisi 7 kita dapat ONE PUUUUUUUNCH Man 😀 yang season keduanya juga telah dikonfirmasikan, walau belum ada info lebih lagi. Perjalanan seri ini memang unik. Dimulai dari seri webmanga dengan grafik yang… tak terbilang bagus, tapi ceritanya menarik pembaca dan membuatnya populer, sampai menarik perhatian artist manga Eyeshield 21, Murata Yuusuke, yang kemudian menggambarkan manga OPM, dan kepopulerannya makin meleduk. Hingga animenya muncul dan membuatnya SEMAKIN populer lagi. Semoga Season 2 tak terlalu lama menunggunya 😀

6 – Boku no Hero Academia

Karya Horikoshi Kouhei
Angka penjualan: 2.097.088

Lalu seri My Hero Academia, yang season terbarunya sedang tayang dimusim ini. Konsep cerita Super Hero muda ini dipuji mangaka Naruto, Kishimoto sensei, yang mengatakan seri ini berpotensi jadi sukses diluar negeri. Dalam negeri sendiri, terlihat dari list ini kalau manganya sukses laris.

5 – Tokyo Ghoul:re

Karya Ishida Sui
Angka penjualan: 2.154.752

Kemudian dilanjutkan dengan Tokyo Ghoul:re, seri sequel dari manga dan anime Tokyo Ghoul. Animenya sih sudah tamat, tapi fans sedang dipanasi dengan adaptasi live-action Tokyo Ghoul yang sebentar lagi akan keluar. Walau kisah balik layar actress live-actionnya aneh, tapi popularitasnya tetap tak turun.

4 – Haikyu!! 

Karya Furudate Haruichi
Angka penjualan: 3.086.097

Sebelum top 3, ada Haikyu!! pada posisi 4, yang juga merupakan seri Shonen JUMP tertinggi nomor 2 dalam list ini. Saking populernya sport manga ini sampai saat ini telah dibuat 3 season animenya, dengan season terbaru selesai tayang pada bulan November 2016 lalu. Kapankah kita dapat season 4? 😀

3 – Kingdom

Karya Hara Yasuhisa
Angka penjualan: 3.224.618

Membuka Top 3 adalah seri kisah kerajaan yang epik, Kingdom. Saking epic sampai adaptasi live-action kisah ini juga menunjukkan sisi jantan dari Yamazaki Kento. Dan seperti semua seri manga yang masuk dalam list ini, sudah ada adaptasi animenya. Yang telah dibuat sebanyak 2 season, yang tayang tahun 2013 dan 2014.

2 – Attack on Titan

Karya Isayama Hajime
Angka penjualan: 3.974.437

Sie sind das Essen und Wir sind die JAEGER! Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan meraih posisi 2!! Cocok angkanya mengingat season 2 animenya juga sedang tayang 😉 menghadirkan berbagai plot twist yang membuat serinya semakin keren lagi. Walau ada kasus akan mantan editornya, kesuksesan seri ini di Jepang dan diluar negeri sekarang tetap sebesar Collosal Titan. Tapi sayangnya ada 1 tembok yang belum dapat dihancurkan oleh seri ini, si rank 1 list ini..

1 – ONE PIECE

Karya Oda Eiichiro
Angka penjualan: 5.969.851

Dan meraih posisi tertinggi, yang juga seri Shonen JUMP tertinggi dan anak emasnya yang tersukses saat ini, ONE PIECE. Sang veteran ini memang salah satu seri manga tersukses dalam sejarah. Memang jumlahnya yang panjang membuat ada yang bosan membacanya karena tak selesai juga. Tapi tak bisa dipungkiri dunianya besar dan karakternya yang menyenangkan membuat seri ini tetap bertahan setelah sekian lama, dan saat ini menjadi manga terlaris di Jepang.

Comments

Loading...