Kadang ada momen sebuah seri manga tamat mengikuti selesainya penayangan adaptasi animenya. Contohnya seri Kuzu no Honkai, yang anime, dorama, dan manga tamat dalam kurun waktu yang berdekatan. Seri Himouto Umaru-chan malah tamat saat season dua animenya mulai tayang, walau terus ada kabar manga sequel. Sekarang ada yang seperti itu lagi, dengan tamatnya manga Shoujo Shuumatsu Ryokou dalam minggu ini.

Shoujo Shuumatsu Ryokou atau judul Inggrisnya, Girl’s Last Tour, adalah seri manga buatan Tsukumizu yang dibuat dari tahun 2014 lalu, yang diterbitkan secara online melalui website Kurage Bunch. Mengisahkan dua perempuan muda bernama Chito dan Yuri, yang mengendarai motor Kettenkrad mereka dan menjelajahi dunia mereka yang telah hancur.

Walau terlihat memiliki setting yang tragis dan gelap, Chito dan Yuri tetap menjelajahi dunia mereka yang gelap tersebut dengan tenang. Selama mereka dapat menghidupi kehidupan mereka dan saling memiliki satu sama lain, mereka saling memberi dorongan untuk hidup.

Manga tersebut kemudian mendapatkan adaptasi anime sebanyak 1 cour alias 12 episode. Anime tersebut tayang sebagai bagian anime musim gugur 2017, yang tayang dari bulan Oktober dan episode terakhirnya tayang pada tanggal 29 Desember kemarin.

Anime tersebut dianimasikan oleh WHITE FOX dan disutradai Oharu Takahashi. Dengan seiyuu Minase Inori sebagai Chito dan Kubo Yurika sebagai Yuuri, dan mereka berdua juga yang menyanyikan semua theme song dan insert song animenya, seperti OP imutnya Ugoku Ugoku 😉

Dan kembali ke laptop, dengan animenya selesai tayang pada akhir Desember 2017, agak cocok tapi membuat sedih juga saat diumumkan kalau manga Shoujo Shuumatsu Ryokou itu sendiri juga akan tamat sebentar lagi.

Website official tempat diserialisasikannya seri Shoujo Shuumatsu, Kurage Bunch, telah memberikan pengumuman tersebut. Mengatakan kalau chapter terakhir dari seri manga Shoujo Shuumatsu Ryokou, yang merupakan chapter 42, akan dirilis pada tanggal 12 Januari esok. Yaitu pada hari Jumat minggu ini. Dengan tagline “Yang Mereka Lihat pada Destinasi Akhir Perjalanan Mereka adalah…”

Dimana ada awal memang pasti ada akhir sih, tapi tetap agak sedih setiap mendengar kabar seri tamat.. padahal animenya sampai masuk Top 5 Anime Populer dalam majalah Newtype akhir tahun kemarin.