Di jepang, kehadiran banyak penghargaan bergengsi seperti Taisho Award, Sugoi Japan Award dan yang baru-baru ini diumumkan; Kodansha Award, menjadi salah satu pemicu ampuh untuk mendongkrak produksi hasil karya para mangaka. Terutama mangaka dengan ide cemerlang terbaru yang siap menghiasi liat baca para otaku. Ngomongin tentang pernghargaan dari Kodansha, ternyata pengumuman pemenangnya sudah di umumkan lebih awal dari pada keputusan tahun kemarin. Perhelatan akbar ini menetapkan tiga manga dari genre yang berbeda sebagai gelar juara.

Yang paling nggak nyangka adalah gelar “Best Shoujo Manga” yang jatuh pada WATASHI GA MOTETE DOUSUNDA (私がモテてどうすんだ/Kiss Him, Not Me) karya Junko-Sensei. Manga bertema romance, slice of life dan comedy dengan bumbu yaoi tersebut berhasil menggeser pesaing beratnya Kurosaki-kun No Iinari Nante Naranai dan Suki tte Iina Yo yang bahkan sudah ramai mengibarkan live action. Sepertinya karena isi cerita yang unik dan terkesan bercampur shounen-ai sehingga membuat banyak pembaca jatuh hati dan menjatuhkan pilihan vote pada serial ini.

kiss-him-chapter_1-0-800x1200

Watashi Ga Motete Dousunda menceritakan kisah Serinuma Kae, seorang cewek fujoshi yang selalu asyik dengan imajinasi liar. Bahkan sampai-sampai tak begitu mengurus diri karena terlalu sibuk memikirkan hubungan para cowok yang sebenarnya emang “nggak ada apa-apa”. Sampai pada suatu hari empat cowok paling cool di sekolah menyatakan suka pada dirinya. Bukannya menerima salah satu dari mereka, Kae malah melihat mereka sebagai ladang “cinta pedang terlarang” dan makin menggi dengan fantasi yaoinya. Manga ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2013 dan sampai saat ini sudah mencapai tujuh volume. Sebuah anime televisi series juga telah direncanakan tayang dalam waktu dekat dibawah nama Brain’s Base Studio.

 

Selain karya Junko-Sensei sebagai pemegang piala kategori komik cewek paling diminati ada juga kisah sekelompok pemuda hobby sepak bola dalam DAYS yang menjadi pemenang kategori “Best Shounen Manga” mengalahkan kompetitor lain yang kalau dipikir juga nggak ada yang abal seperti Boku No Hero Academia & Owari No Seraph. Sedangkan untuk kategori manga umum jatuh pada serial kedokteran lawas Kounodori. Wah, list pemenangnya nggak nyangka banget nih. Jarang-jarang serial keren kalah sama yang agak kurang dikenal banyak otaku 😀 Gimana menurut kalian? layak jadi pemenang kah?