Saat ini Shingeki no Kyojin alias Attack on Titan sedang apik menayangkan season terakhirnya, dan kita fans di region Asia Tenggara dapat menyaksikannya juga di beberapa tempat secara resmi dengan sub. Tapi akhirnya, kabar pahit manis datang dari manga originalnya, dimana setelah sekian lama berjalan dan telah diberi tease dari beberapa bulan lalu, akhirnya diumumkan manga Shingeki akan tamat awal Spring 2021 ini.

Seri Shingeki no Kyojin berawal dalam bentuk manga buatan Isayama Hajime yang dimulai 9 September 2009 lalu. Manga tersebut kemudian mendapatkan adaptasi anime oleh studio Wit yang ditayangkan April 2013, dan mengguncang dunia anime dan mencapai popularitas mainstream.

Anime Shingeki no Kyojin pertama ditayangkan pada musim Spring 2013 lalu, dan hingga saat ini telah 3 season anime tersebut telah ditayangkan. Dan seperti yang dikatakan diawal saat ini season keempat dan terakhirnya yang mulai tayang Desember 2020 kemarin sedang berjalan.

Dan bicara soal akhir, manga originalnya juga telah dikabarkan memasuki babak akhir sejak beberapa waktu lalu, dan bahkan Isayama Hajime mengatakan saat pergantian tahun kemarin kalau misinya untuk tahun 2020 ini adalah untuk mengakhiri manga Shingeki no Kyojin.

Walau kini terlihat kalau misi itu tak terjadi pada tahun 2020 kemarin, tapi akhir dari manga tersebut sudah beberapa kali dibicarakan dan dikabarkan, seperti konfirmasi kalau sisa ceritanya hanya tinggal 2% lagi pada bulan November kemarin.

Dan akhirnya meski agak telat, setelah pergantian tahun 2021 ini diberikan kabar mengenai akhir dari manga apik tersebut yang pasti. Dengan Kodansha memberikan pengumuman kalau manga Shingeki no Kyojin Attack on Titan akan tamat pada tanggal 9 April pada isu bulan Mei dari majalah manga Bessatsu Shonen, dan buku tankobon terakhirnya pada volume 34 akan dirilis 9 Juni.

Manga tersebut telah berjalan selama 11 setengah tahunan, dan Isayama berkomentar juga mengatakan kalau akhirnya ia bisa mengakhiri manga tersebut sesuai janji. Ia juga berharap kalau fans akan tetap menikmati manga tersebut sampai akhir, dan ia juga bersumpah akan melakukan yang terbaik sampai bagian finalnya. Tinggal buka sauna saja setelah ini ya sensei 😉