Shingeki no Kyojin alias Attack On Titan kini telah selesai. Tapi meskipun begitu sebagai salah satu seri animanga terbesar yang pernah ada mereka dengan cocoknya merayakannya dengan sesuatu yang besar pula, yaitu dengan berusaha memecahkan rekor dunia Guiness dalam membuat buku komik terbesar yang pernah diterbitkan. Dan kabar gembira, karena mereka berhasil secara resmi memecahkan rekor tersebut.

Seri Shingeki no Kyojin berawal dalam bentuk manga buatan Isayama Hajime yang dimulai 9 September 2009 lalu. Manga tersebut kemudian mendapatkan adaptasi anime oleh studio Wit yang ditayangkan April 2013, dan mengguncang dunia anime dan mencapai popularitas mainstream.

Seri tersebut sudah mencapai titik akhir, dengan beberapa bulan lalu tayang season terakhir dari anime Shingeki no Kyojin yang akan dilanjutkan lagi musim dingin berikutnya. Dan manga originalnya juga telah merilis chapter akhirnya pada bulan April nanti dan buku volume terakhirnya akan dirilis pada bulan Juni setelah berjalan selama lebih dari 11 tahun.

Dan sekalian balik kepada topik utama, bulan Maret lalu Kodansha sang penerbit dari manga Shingeki no Kyojin mengumumkan kalau mereka sedang berusaha untuk memecah rekor dunia Guiness dalam membuat buku komik paling besar, dengan merilis komik Shingeki yang dikatakan pas ditangan Titan Eren.

Diperlihatkan buku itu memiliki ukuran panjang 101 cm dan lebar 71.5 cm, dan yang hebatnya lagi adalah ukuran besar itu membuat buku tersebut juga memiliki berat sampai 13 kg! Lebih besar dari pemegang rekor sebelumnya, yaitu komik Turma de Monica asal Brazil yang tahun 2018 lalu merilis buku dengan besar panjang 99 cm, lebar 69 cm, dan berat 1,9 kg.

Dan buku itu tak hanya dipamerkan tapi benar-benar asli dijual secara terbatas sebanyak 100 buah, yang dapat dibeli oleh fans dengan harga yang juga BESAR yaitu 165.000 Yen atau sekitar 22 juta Rupiah! Dikatakan kalau buku itu baru akan dicatat dalam rekor Guiness setelah terjual semua 100, karena rekornya adalah untuk Buku Terbesar Yang Pernah Diterbitkan. 

Dan kini dikabarkan kalau penjualannya sukses besar. Ditunjukkan besarnya semangat fans akan buku itu, dimana dikatakan kalau ternyata penjualannya sold out… dalam 2 menit! Alhasil, rekor itu dicapai dengan cepat, dan diakhir minggu lalu diumumkan oleh Kodansha kalau rekor itu telah diresmikan oleh Guiness.