Dimana ada awal pasti ada akhir, dan itu berlaku juga untuk seri animanga, mau itu seri yang sebesar apapun. Kita sudah melihat berakhirnya seri popular macam Bleach dan Naruto, dan sekarang sepertinya akan ada satu seri BESAR lagi yang akan mengikuti mereka, yaitu manga Shingeki no Kyojin. Karena baru-baru ini muncul kabar kalau Shingeki no Kyojin akan memasuki Final Arc.

Padahal anime Shingeki no Kyojin sudah umumkan kalau mereka akan lanjut tayang 2019 nanti. Dan baru kemarin-kemarin kita dapat kabar konfirmasi akan adaptasi live-action Attack on Titan yang ditangani oleh Hollywood, yang juga mengumumkan nama staff yang terlibat dalam projek tersebut, eee sekarang dapat kabar BESAR lain lagi.

Kabar ini tapi baru berupa teaser, yang diumumkan melalui Twitter acara dokumentari bernama Jounetsu Tairiku yang disiarkan oleh channel MBS. Dan juga diberitahukan melalui teaser trailer dalam video channel Youtube TBS.

Ini karena sang mangaka Shingeki no Kyojin, Isayama Hajime sensei, akan tampil dalam acara Jounetsu Tairiku yang akan disiarkan pada hari Minggu tanggal 18 November besok. Dikatakan kalau ia sebenarnya sudah diundang untuk tampil dalam acara tersebut sampai tiga kali, tapi ia terus menolaknya.

Tapi untuk kali ini ia menerima tawaran untuk tampil di Jounetsu Kairiku, demi mempromosikan season baru anime Shingeki no Kyojin. Dan dikatakan kalau disitu ia akan membicarakan beberapa hal mengenai maha karyanya tersebut, termasuk akhir dari manga Shingeki no Kyojin. Jadi untuk detail lebih mengenai Final Arc ini terpaksa kita tunggu dulu.

Akhir dari seri Shingeki no Kyojin sebenarnya sudah dibicarakan pada tahun 2014 lalu. Isayama sensei sendiri mengatakan dalam wawancara bersama majalah sastra Da Vinci kalau ia tadinya merencanakan manga Shingeki no Kyojin untuk selesai dalam 16 volume.

Tapi kemudian rencananya diperpanjang lagi karena ia ingin lebih mengembangkan sisi emosional naratifnya dan jumlah karakternya yang bertumbuh banyak. Dan ia kemudian merencanakan untuk menyelesaikan manga Shingeki no Kyojin dalam tiga tahun lagi. Dan sepertinya waktu tersebut sudah hampir dekat.

Comments