Ada yang masih ingat akan seri animanga berjudul Saint Seiya? Salah satu animanga klasik yang masih dikenang sampai sekarang, dan walau kisahnya sudah tamat, tetap ada judul baru dari seri tersebut yang bisa muncul, seperti game atau spinoff ide story. Dan bicara soal spinoff, baru-baru ini diumumkan kalau Saint Seiya akan mendapatkan seri sampingan baru lagi, yang dijadwalkan untuk dimulai bulan depan.

Saint Seiya berawal sebagai manga JUMP yang dibuat oleh Kurumada Masami yang berjalan dari tahun 1986 sampai 1990. Mengisahkan petualangan seorang remaja bernama Seiya yang mendapatkan kekuatan bintang Pegasus untuk melindungi seorang gadis bernama Kido Saori, yang merupakan reinkarnasi dari Dewi Yunani Athena.

Manga tersebut juga mendapatkan adaptasi anime, yang ada lumayan banyak berkat popularitasnya yang sepanjang masa. Anime pertamanya dibuat oleh studio Toei yang tayang dari tahun 1986 sampai 1989, dan setelah itu ada berbagai movie dan OVA juga. Anime terbarunya adalah CG anime yang dibuat oleh Netflix yang tayang pertengahan tahun ini.

Seri tersebut juga memiliki beberapa spinoff, diantaranya adalah Lost Canvas yang berjalan dari 2006 sampai 2011, yang tak dibuat oleh Kurumada tapi oleh Teshirogi Shiori, berupa prequel mengisahkan karakter Tenma yang merupakan ksatria pemegang kekuatan Pegasus sebelum Seiya.

Dan setelah seri itu tamat, Teshirogi melanjutkannya dengan Lost Canvas Gaiden yang berjalan dari 2011 ke 2016. Seri Lost Canvas ini juga telah mendapatkan adaptasi anime dalam bentuk 2 OVA yang dirilis tahun 2015 lalu.

Dan sekalian balik ke topik, baru-baru ini diumumkan kalau akan ada seri manga spinoff Saint Seiya baru lagi, berjudul Meiou Iden Dark Wing. Tak ada info sinopsis cerita, tapi dari judul terasa kalau spinoff ini masih akan terhubung dengan kisah Lost Canvas.

Tapi menariknya adalah manga tersebut tidak dibuat oleh Teshirogi, melainkan oleh tim duo Ueda Shinshuu sang mangaka Hanazono Fantasica sebagai penulis cerita dan Saito Kenji sang mangaka Trinity Seven yang menggambarkannya.

Manga tersebut diumumkan akan menggantikan manga Efu no Shichinin buatan Yamaguchi Takayuki dalam majalah manga Champion RED, dan akan dimulai pada isu berikutnya majalah tersebut yang dijadwalkan dirilis tanggal 19 Desember 2021.