Jika selama ini serial horor baik manga maupun anime yang terekspos hanya karya author besar seperti Junji Ito dan kawan-kawan saja, maka hari ini mimin akan mengulas sebuah manga horror yang masih agak sepi peminat. Mungkin karena belum banyak yang mengenalnya, mang dengan judul TENKUU SHINPAN ini masih setia menduduki rangking tengah, nggak buruk banget ya nggak muncul di deretan recommended di atas.

Tenkuu Shinpan (天空侵犯) merupakan manga bergenre action – horror – seinen yang ceritanya ditulis oleh Tsuina Miura dan digambar oleh Takahiro Oba. FYI, Miura-Sensei adalah creator pertama sekaligus penulis serial yang lagi naik daun: Ajin. Tetapi entah karena sudah enjoy dengan Tenkuu Shinpan atau emang sudah buntu dengan Ajin akhirnya beliau menyerahkan sepenuhnya pada sang ilustrator, Sakurai Gamon. Tenkuu Shinpan sendiri meskipun bergenre sama tetapi dibuat dengan cerita yang lumayan berbeda. Ada kesan seinen yang keuat dengan kemunculan tokoh sentral berwujud perempuan.

1

Dari chapter pertama sudah diperlihatkan scene berbau darah dan no sensor yang lumayan kuat. Di beberapa chapter awal menceritakan kisah tokoh utama Yuri Honjou yang terjebak di dunia aneh. Terakhir ia ingat masih melamun di dalam kelas namun ketika tersadar ia sudah dihadapkan pada adegan pembunuhan oleh seseorang bertopeng. Karena baru pertama kali dan sangat ketakutan akhirnya ia mencoba menghubungi kakak laki-lakinya, Rika Honjou. Diluar adegan bunuh-bunuhan yang lumayan menjijikkan, sepertinya bakal ada kisah cinta brother complex diantara keduanya. Yuri lalu mendapat penjelasan dari sang kakak bahwa mereka sama-sama terjebak di dunia lain yang bukan ilusi. Dimana di dunia tersebut terdapat sebuah permainan yang dikendalikan oleh seseorang menggunakan topeng: siapapun yang ingin bertahan hidup harus membunuh orang lain di dekatnya, tak terkecuali Yuri dan Rika. Di dunia baru itu, tak ada akses ke bawah, hanya ada gedung-gedung tinggi. Bilaa berminat ke bawah jalan satu satunya hanya dengan melompat, itu artinya, MATI. Lalu bagaimana mereka dapat berpindah tempat? di setiap gedung terdapat jembatan agar mereka dapat menyeberang.

Mereka berjuang di tempat terpisah. Sang kakak berjanji akan menyelamatkan Yuri dengan perjanjian Yuri harus tetap bertahan hidup sampai ia datang. Dalam perjalanan chapter selanjutnya, Yuri bertemu dengan Nise, seseorang dari dunia manusia yang sama dengannya, hanya saja si Nise lebih tegar ketimbang Yuri. Karena sempat menyelamatkan Nise dari pembunuh bertopeng menggunakan jas, Nise akhirnya bersedia bekerja sama dengan Yuri.

Dari segi cerita, bisa dibilang menarik. Plotnya tidak terduga sehingga pembaca tidak mudah bosan. Minus, jika kalian merasa mual dengan darah, dan penampakan bagian tubuh yang berceceran, lebih baik skip saja baca manga ini karena adegan pembunuhan cukup sadis. Misteri keberadaan tokoh-tokohnya juga dijaga dengan baik, mulai dari siapa sebenarnya pembunuh bertopeng memakai jas yang mengenal Yuri dan Rika sekaligus, lalu siapa pengendali permainan ini sampai tokoh-tokoh pembunuh yang selalu muncul di setiap gedung. Oke banget buat mancing keinginan pembaca untuk menyimak kisahnya lebih lanjut. Sisi plusnya bagi pembaca cowok juga oke banget, beberapa adegan fanservis berupa penampakan tubuh cewek sma yang aduhai lumayan bikin semangat. Hehe. ditambah lagi rasanya hubungan Nise dan Yuri bakal beneran berbau yurian 😀

Lalu untuk segi artwork juga hmm…bagus, enggak kasar banget (kecuali bagian mayat-mayatnya), tapi nggak lembek kayak komik cewek juga. Keseluruhan lumayan mengibur dan memancing rasa ingin penasaran. Buat kalian yang haus manga action horor ini bakalan jadi bacaan yang asyik banget. Tinggal cari waktu yang lumayan luang aja biar lebih serius bacanya 😀


Overall: A

Arwork: A

Story: A


 

Chapter_38