Hello, Hello, akhirnya mimin kembali dengan membawa sebuah manga yang unik, kocak dan wajib baca bagi kalian yang suka sama genre komedi plus fantasy plus seinen 😀 Bacaan baru nih, judulnya Kumo Desu Ga, Nani Ka? (蜘蛛ですが、なにか?/ I’m A Spider, So What?). Yeah so what gitu loh, buat yang nggak phobia sama serangga bahenol satu ini sih oke-oke aja buat dibaca. Tepapi buat yang ketakutan setengah mati sama binatang merangkak ini mending stop jangan dilanjutkan membaca, meskipun ceritanya asyik mimin nggak jamin kalian asyik juga dengan artworknya 😀

Seperti judul yang udah disebut diatas, manga ini menceritakan tentang kehidupan laba-laba. Aslinya merupakan sebuah novel yang di karang oleh Okina Baba. Lalu setelah ramai jadi perbincangan, dan kumo-chan semakin banyak penggemar bahkan nggak segan-segan ngelamar buat jadi waifu akhirnya mangaka Kakashi Asahiro tergerak hatinya untuk membuatkan versi manga 😀

kumokumo

Dalam versi novelnya sih, Kumo Desu Ga, Nani Ka? Menceritakan tentang dunia dimana Pahlawan dan Iblis yang terus bertarung satu sama lainnya. Sihir ekstrim dari Pahlawan dan para Iblis inilah yang akhirnya menyeberang dunia dan mengakibatkan sebuah ledakan besar di kelas sebuah SMA di Jepang. Para siswa yang meninggal dalam ledakan tersebut terlahir kembali pada dunia yang benar-benar berbeda. Pemeran utama yang selanjutnya di panggil dengan Kumo-chan adalah dulunya merupakan seorag cewek yang memiliki reputasi terendah di kelas itu bereinkarnasi menjadi laba-laba. Namun demikian, si protagonis ini beradaptasi dengan cepat dengan kondisinya saat ini. Ia memiliki kemauan yang kuat, meskipun dengan dunia yang sama sekali berbeda.

Yes, tepat sesuai dugaan, meskipun mimin cuma membaca novelnya sekilas. Manga ini bakal menjadi manga yang menarik untuk dibaca. Pada chapter plorogue sedikit disinggung tentang keadaan sebelum Kumo-chan ini reinkarnasi. Ia ingat betul sedang berada di kelas, lalu tiba-tiba merasa kesakitan sejenak dan boom pas sadar kembali sudah menjadi laba-laba. Asli banget ceritanya simpel, dan tingkah si laba-laba yang berguling kesana – kemari karena mencoba menerima kenyataan plus sabar nerima nasib menjadi point lucu tersendiri.  Sejauh ini sih, belum ada kejutan yang begitu ekstrim, alurnya masih disampaikan dengan gamblang, meskipun penyebab kematiannya belum disorot penuh seperti dalam novelnya.

Secara keseluruhan, ceritanya unik, nggak pasaran. Jarang banget lah yang ngangkat makhluk seimut #eh seaneh laba-laba jadi tokoh utama. Lalu untuk artworknya, bagi mimin yang nggak takut serangka sih bisa dibilang cakep, nggak menjijikkan juga. Malah lebih terkesan moe shoujo mengingat genrenya masuk seinen. Yep, lumayan lah untuk hiburan bagi yang sangat mendambakan unsur moe + komedi nggak bosenin. #kebanyakan moe terlalu lebay sih hahaha.


Creator  : Okina Baba

Art         : Kakashi Asahiro

Overall  : B

Artwork : B

Story     : B


kumodesuga