Hello teman-teman senasib seperjuangan. Mimin lagi sumpek banget nih akhir tahun ga punya rencana liburan kemana-mana. Dari pada tidur mulu nimbun lemak akhirnya kemarin mimin beli banyak komik buat temen liburan. Heheee. Nah mumpung masih fresh, mimin mau ngasih saran buat kalian yang suntuk, ada satu manga unik yang bikin mimin ngakak seharian 😀

Judulnya YUGAMI-KUN NI WA TOMODACHI GA INAI (Friendless Yugami/湯神くんには友達がいない). Manga ini dibuat oleh mangaka muda Sakura Jun. Di Jepang, komik ini sudah diterbitkan sejak tahun 2012 oleh Shogakukan dan telah mencapai delapan volume. Namun di Indonesia sendiri baru di acc lisensinya oleh M&C! sebanyak dua volume. Langsung saja ya, mimin bongkar isi dari manga ini. Muhahhaha.

Dari segi judul “Friendless Yagami” kok kayak terkesan kasihan dan menyedihkan ya, apalagi ditambah cover yang memperlihatkan si tokoh utama Yugami berdiri sendirian (sementara temen-temennya di blur). Apa ini manga horror atau dark fantasy? Bukan! ini pure manga komedi yang bakal bikin perut kalian terkoyak. Judul ini tak sepenuhnya salah, juga tak sepenuhnya benar, sangat menjebak jika kalian tak menengok goresan di dalamnya. Manga ini mengisahkan tentang Yuji Yugami, seorang anak kelas dua SMA yang mengklaim dirinya dapat hidup sendiri tanpa memerlukan bantuan teman. Konyol emang, tapi kenyataannya dia memang bisa melakukan semua hal sendirian. Yah bukan berarti dia nggak suka atau menjauhi teman-temannya sih, disini mangaka ingin menjelaskan bawah si Yugami punya “sisi positif yang over sampai tumpeh-tumpeh”.

Yugamikun (1)

Dalam volume pertama, memperlihatkan pertemuan Yugami dan Chihiro (anak pindahan baru) di parkir sepeda. Yu membantu cewek lugu tersebut untuk menaruh sepeda di parkiran yang seharusnya milik mereka (kelas dua) tetapi ditempati sepeda para senpai. Sejak saat itu Chi menganggap bahwa Yu orang yang baik. Tetapi segera anggapannya itu sirna saat mereka ternyata masuk kelas yang sama. Lambat laun Chi jadi tahu bahwa si Yu itu menyebalkan. Namun disisi lain dia orang yang baik dan sangat pede dengan hidupnya yang tak pernah merepotkan orang lain.

Dilihat dari sisi cerita, manga ini sangat menarik. Banyak nilai-nilai positif yang bisa diambil dari perbuatan Yu yang menyebalkan, konyol, namun sangat mandiri. Karena ia dijauhi teman-temannya ia berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri, seperti aktif di baseball dan berprestasi di dalam kelas. Meskipun menyebalkan sebenranya ia juga sering membantu teman-temannya tanpa disadari. Sifat terkuat Yugami adalah tidak dapat dibantah jika ia berada di pihak yang benar. Disitu pula daya tarik manga ini, sang mangaka dapat menggambarkan sosok yang “over” dalam segala hal menjadi sesuatu yang masuk akal dan sangat positif. Ditambah lagi, makna itu tersampaikan dengan bumbu komedi yang ringan dan nggak membosankan. Sangat cocok untuk bahan bacaan saat penat setelah beraktivitas.

Lalu jika dilihat dari segi arwork, manga ini nggak begitu memperlihatkan detail gambar, mungkin karena mengusung genre komedi kali ya. Gambarnya lebih simple tetapi nggak berkesan Shoujo amat. Enak dipandang mata dan nggak bikin bingung karena kolom percakapan pun lebih pendek dan nggak bertele-tele.


 

Creator: Sakura Jun

Overall: A

Story   : A

Art      : A


 

Yugamikun (1)

 

image_large_55c9c1823fd06_6_AGUSTUS_REVISI_1_COVER_FRIENDLESS_YUGAMI_01

Image by: Trade Heaven, M&C!