Tahun baru, tahun 2016, banyak manga dan anime yang harus dicermati satu persatu untuk menjadi  list baca/tonton berkualitas. Karena akhir-akhir ini mimin kebanyakan ngasih asupan horror dan humor, jadi pada kesempatan kali ini mimin  bakalan memberi asupan gizi untuk para fujoshi dan fudanshi 😀 Ada sebuah judul manga yang sangat sayang bila dilewatkan.  Salah satu karya keren mangaka Yaoi kelas berat Chise Ogawa yang berjudul CASTE HEAVEN menjadi pilihan mimin untuk dibahas. Hehe.

castemanga (1)


 

WARNING! : konten mengandung adegan yaoi eksplisit. Bagi yang alergi homo-homoan disarankan untuk segera meninggalkan artikel ini 😀 yang ngeyel ya gapapa sih, mimin ga tanggung jawab kalau naluri fujo kalian makin kuat. Hahaha. Ketawa setan.


 

Caste Heaven (カーストへヴン) bila diartikan secara kasar bermakna Surga Kasta, jadi ada sebuah keadaan dimana lingkungan sekitar terasa seperti surga tetapi ternyata keadaan tersebut disebabkan oleh pengkastaan dari setiap penghuninya.

Cerita yang diangkat dalam manga ini adalah sebuah sekolah yang memiliki kebiasaan khusus. Di setiap season (yang tak dijelaskan berapa kurun waktunya) pihak sekolah akan mengadakan sebuah game pengkastaan untuk setiap kelas. Kedudukan bukan ditentukan berdasarkan fisik, maupun harta, tetapi lebih berdasarkan kecerdasan di setiap cara mereka supaya dapat memperoleh kedudukan. Dalam game tersebut akan disebar beberapa kartu utama: King/Queen, Joker, Jack, dll. Hanya beberapa dari siswa yang akan mendapatkan kartu tersebut dan menempati posisi sesuai kartu yang dipegangnya. Bagi yang tak mendapat apa-apa bakal menjadi target (bully) alias pesuruh bagi si pemegang kartu.

castemanga (2) castemanga (1)

Pusat cerita sebenarnya ada pada satu tokoh bernama Azusa. Di chapter satu, diperlihatkan bawa dia merupakan “King” yang semena-mena, arogan plus sangat manja. Dia bahkan dengan santai pencampakkan pacarnya hanya karna dia merasa terganggu dengan suaranya. Ia memiliki bawahan setia bernama Karino. Awalnya ia merasa santai karena ia pikir meskipun game dimulai ulang dia bakal terus menjadi raja. Tetapi siapa sangka, Karino malah mendapat King lalu menghianatinya dan memberinya kartu Joker. Itu artinya Azusa berada di kasta terendah dan gentian harus berlutut dibawah kaki Karino. Di awal chapter ini masih belum begitu terlihat sisi yaoi, hanya terlihat Karino yang begitu berambisi memiliki Azusa. Barulah pada page-page akhir ditunjukkan adekan cukup panas antara Azusa dan Karino. Demi ingin selamat dari bully (mantan) teman-temannya, Azusa terpaksa menjadi “pacar tidur” Karino.

Hmm… ya, sekilas memang nampak flat dan membosankan, terkesan seperti manga shoujo. Namun setelah berhasil mengatasi bosan di chapter pertama kalian bakal dihidangkan suguhan lezat pada chapter-chapter berikutnya. Banyak adegan yaoi-berbahaya diselipkan, serta gaya sang mangaka pada saat menceritakan “karma” untuk Azusa malah bisa bikin pembaca berfikir ini Romance S&M. Kenyataan bahwa hidup Karino diluar sekolah lebih miris ketimbang Azusa membuat hubungan keduanya berjalan sedikit berbeda. Dari awalnya hanya sebatas terpaksa mulai berubah menjadi rasa simpati dan romatisme yang melibatkan hati. Cukup kompleks dan menyentuh. Secara keseluruhan plot ceritanya bagus, nggak bosenin dan penuh kejutan. Arworknya juga enak dilihat mata. Tidak menunjukkan bagian tubuh terlalu vulgar sampe no sensor tetapi cukup arogan untuk dibaca di depan umum.


Creator: Chise Ogawa

Overall: A

Arwork: A

Story: A


castemanga (1)