Masa kini dipenuhi oleh tebaran Ajin di seluruh penjuru. Kalau dalam anime yang booming akhir-akhir ini sih definisi Ajin adalah “manusia yang tak bisa mati, dan dapat memanipulasi kuroi yurei/black ghost atau IBM”. Tetapi ada juga Ajin Ajin lain yang semakin bermunculan dalam serial manga. Dengan beragam genre dan cerita yang tak kalah menarik untuk dibaca. Nggak melulu berbau gore, dark fantasy atau berbau horror. Seperti manga Ajin-chan Wa Kataritai yang bakal mimin kupas dibawah ini.

Kita mulai dari segi judul dulu ya, tenang, ini bukan manga nya Sakurai Gamon kok. Judulnya AJIN-CHAN WA KATARITAI (亜人ちゃんは語りたい/I Want To Talk With Demi-chan), dari judul tersebut bisa di katakan bahwa Ajin dalam manga ini lebih merujuk pada sosok makhluk asing yang memiliki kemungkinan abadi, bukan manusia yang tak bisa mati seperti pada horror karya Sakurai Gamon. Yaa meskipun kanjinya sama sih, kan tahu sendiri kanji bisa memiliki makna bermacam-macam 😀 Jadi Ajin-chan wa Kataritai bakalan langsung menunjuk jenis makhluknya seperti Succubus, Dullahan, Vampire bahkan ada jenis yurei seperti Yuki Onna juga. Intinya yang aneh-aneh gitu deh.

Ajinew

 

Manga Ajin-chan Wa Kataritai yang ditulis oleh Petosu-Sensei ini menceritakan tentang kehidupan seorang pria paruh baya bernama Takahashi Tetsuo yang berprofesi sebagai guru biologi di SMA Shibasaki. Ia merupakan sosok yang kepo banget terhadap keberadaan Ajin, lebih tepatnya ingin meneliti mereka sebagai pahan thesis. Tetapi semasa hidupnya malah belum bisa ketemu para makhluk astral tersebut. Namun hidupnya berubah sejak ia menerima tawaran sebagai guru di SMA Shibasaki. Untuk pertama kalinya ia bertemu dengan Satou Sakie, partner guru yang juga merupakan seorang atau seekor ya =__= Succubus.

Syok terapi yang dialami Tetsuo tak berhenti sampai disini, pada chapter satu, setelah bertemu Succubus ia diharapkan pada kejadian lebih ekstrim, seorang siswi tanpa kepala mendadak sakit, yap, itu Dullahan, lalu tiba-tiba juga muncul Yuki Onna yang jatuh sakit akibat kepanasan. Dan yang paling menegangkan seorang siswi yang membantunya kesana kemari ternyata merupakan seorang Vampire. Bahagia bercampur takut tersibak menyatu dalam pikirannya, ia tak menyangka bakal bertemu dengan Ajin semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih lagi… mereka jinak! hmm… ya bisa dibilang begitu.

ajinmanga

Dari segi cerita manga ini cukup menarik buat kalian yang suka genre gabungan antara School Life dan Komedi. Meskipun tidak dominan tetapi humornya kerasa dan tidak terkesan berat. Bahkan cuma menetelengi percakapan sederhana aja kalian sudah bisa ngakak. Selain itu alurnya juga nggak berbelit belit dan langsung to the point. Jadi bisa dibaca sambil santai karena nggak perlu tenaga lebih menghadapi ketegangan. Kalau dari segi artwork, maa-maa lah ya, seperti manga seinen pada umumnya, sedikit keras dan banyak menonjolkan fisik semlohey. tapi ya nggak sampai over kayak seinen ecchi kelas kakap 😀


Overall: B

Arwork: B

Story: B


 

ajineww