Anime dan Manga memang sudah jadi hal yang internasional dijaman sekarang ini. Bahkan dijaman sekarang ini sebuah seri juga bisa dapat nilai plus jika mencoba menarik perhatian konsumen luar Jepang. Jadi tak mengherankan kalau misalkan ada sebuah atau beberapa buah manga yang masuk list buku top negara lain bercampur dengan buku lokal. Bahkan bisa saja manga itu jadi yang paling TOP di list. Seperti Manga OPM yang jadi Buku TOP Bulan September di Amerika.

Mungkin dipanasi oleh kabar Season 2 atau mungkin hal lain, yang jelas adalah buku volume 12 dari manga opm alias One Punch Man telah meraih ranking nomor ONE dalam Top 20 NPD Booklist untuk bulan September.

Menjadikannya buku Graphic Novel nomor 1 untuk bulan itu di Amerika, bercampur dengan buku-buku graphic novel terkenal Amerika lain macam Batman dan Watchmen. Agak unik melihat Hero botak dari manga opm lucu itu bersaing dengan para Super Hero Amrik macam mereka 😀

TAPI kejutannya ternyata tak hanya itu. Karena saat melihat list lengkapnya, ada banyak juga Manga Jepang lain yang muncul. Total ada 12 buku dari 9 seri yang masuk di list itu termasuk One Punch Man. Dan para Manga yang lain itu adalah;

Death Note

2 bukunya masuk list ini. Yaitu All in One Edition yang meraih rank 2, dan Black Edition yang meraih rank 19. Menjadikannya Top 2 terendah dan tertinggi di list. Mungkin bisa saja ini pengaruh adaptasi live-action buatan Netflix.

Legend of Zelda: Twillight Princess

Buku volume 2-nya meraih rank 5. Kemungkinan rank tinggi itu juga dipengaruhi kesuksesan game Zelda Breath of the Wild untuk konsol Nintendo baru Switch, walau memang game itu berbeda cerita dan judul dengan manga ini.

Boruto

Naruto adalah salah satu manga paling dikenal di Amerika. Dianggap sebagai salah satu Big 3 bersama One Piece dan Bleach diluar Jepang. Jadi wajar kalau penerusnya, Boruto juga bisa nge-TOP dan masuk list ini. Dimana buku volume 2-nya meraih rank 7

The Life Changing Manga of Tidying Up

Sebuah buku graphic novel yang lumayan unik, yang merupakan buku nasehat yang dipresentasikan dalam bentuk kisah manga fiksi. Dibuat oleh Kondo Marie dan dengan ilustrasi oleh Uramoto Yuko. Buku ini masuk rank 9.

Yu-Gi-Oh Arc-V

Walau anime dari manga ini telah selesai tayang dari bulan Maret 2017 lalu, sepertinya popularitasnya masih lumayan ada di Amerika. Yang terlihat dengan buku volume 2-nya yang masuk rank 10.

Boku no Hero Academia

Dengan season keduanya yang masih terasa hangat dalam ingatan penonton anime, wajar juga Hero Academia masuk. Bahkan seperti Death Note, ada 2 bukunya masuk list. Buku volume 1 masuk rank 11, dan volume 9 masuk rank 15.

Tokyo Ghoul

Mengikuti Hero Academia dan Death Note, sampai 2 buku dari seri Tokyo Ghoul masuk list juga. Volume 14 masuk rank 12 dan volume 1 masuk rank 18, kebalikan Hero Academia yang volume 1-nya lebih tinggi

Monster Girl Encyclopedia

Buku buatan Kenkou Cross yang masuk rank 17. Yang mungkin bisa masuk karena makin banyaknya anime dengan setting karakter monster seperti Monster Musume dan Centaur no Nayami, yang membuahkan rasa ingin tahu Amerika akan buku yang menampilkan Monster Girl.

manga opm

Agak membanggakan melihat list ini ya mina-san. Melihat berbagai manga dan buku Jepang ini bersaing berbarengan dengan buku-buku dari barat. Rasanya dunia terlihat semakin internasional dan semakin dekat antara satu sama lain 🙂