Popularitas dari Genre Monmusu alias Monster Musume tak pudar juga dalam dunia animanga, sejak dimulai oleh manga MonMusu Nichijou. Terutama tahun ini dengan terkenalnya seri semi-hentai Ishuzoku Reviewers, dan bahkan musim ini genre tersebut juga ada dalam bentuk anime MonMusu no Oisha. Dan bicara soal pemula popularitas ini, MonMusu Nichijou memberi kabar kalau mereka akan mendapatkan buku novel yang akan dirilis bulan depan.

Monster Musume no Iru Nichijou berawal dari webcomic ero buatan OKAYADO, yang kemudian dibuat jadi manga ecchi yang masih berlanjut sampai sekarang. Popularitas manga tersebut membuatnya juga mendapatkan adaptasi anime yang tayang tahun 2015.

Satu hal yang menarik dalam genre MonMusu adalah lumayan eratnya ikatan antar sesama creator dalam genre tersebut. Dan hal itu terlihat dalam buku anthology resmi seri Monster Musume no Iru Nichijou buatan Okayado ini, yang berisikan manga yang digambarkan oleh berbagai mangaka yang berkecimpung dalam genre tersebut.

Beberapa diantaranya adalah Shake-O mangaka Hitomi Sensei no Hokenshitsu dan Cool-Kyou-Jinja mangaka Kobayashi-san Chi no Maidragon. Okayado sensei sendiri juga terlibat dalam anthology manga untuk seri Ishuzoku Reviewers, kisah MonMusu terpopuler tahun ini 😉

Dan selain itu ia juga memberi dukungan pada seri light novel Monster Musume no oIsha-san buatan Origuchi Yoshino, yang mendapatkan adaptasi anime yang sedang tayang musim ini, dan penonton dalam region Asia Tenggara dapat menontonnya dengan sub Inggris di Youtube gratis melalui channel Youtube Muse Asia.

Dan keeratan antara sesama creator MonMusu tersebut juga terlihat lagi baru-baru ini, dalam sebuah pengumuman dari blog majalah manga bulanan Comic Ryuu yang menjadi tempat manga MonMusu no Iru Nichijou diserialisasikan.

Diumumkan kalau seri manga tersebut akan mendapatkan sebuah novel, berjudul Monster Musume no Iru Nichijou Hello Walk, dimana novel tersebut akan ditulis oleh Origuchi Yoshino, sang author dari light novel MonMusu oIsha! Yang dijadwalkan dirilis tanggal 29 Agustus 2020 nanti.

Novel itu memiliki protagonis yang berbeda dengan manga Okayado, dengan ceritanya mengenai seorang exchange student yang atas permintaan agen Smith, berkumpul dengan grup MON dan anak-anak beragam monster girl untuk mendapatkan pengalaman kerja.