Sedih rasanya jika ada seri manga favorit yang hiatus, dan lebih sedih lagi kalau masa hiatus tersebut juga panjang karena kisah manga itu jadi tak ada kemajuan begitu lama. Dan bicara soal hal tersebut, mungkin nama Togashi Yoshihiro jadi salah satu yang muncul dalam pikiran, karena kisah manga HxH yang dibuatnya sangat sering melakukan hiatus yang panjang, dan sekarang adalah salah satunya, dimana HxH sudah hiatus selama tahun 2019 ini.

Hunter x Hunter Original artwork 🙂

Manga Hunter X Hunter buatan Togashi Yoshihiro pertama dirilis di majalah manga Shonen JUMP pada tahun 1998. Bersetting dalam dunia fantasy dimana adanya pekerjaan prajurit bayaran yang elit bernama Hunter.

Seorang anak bernama Gon Freecs yang hidup dibesarkan bibinya menemukan kalau ayahnya ternyata adalah seorang Hunter, dan itu membuatnya berusaha menjadi Hunter juga agar ia dapat menemukan ayahnya.

Manga fantasy adventure tersebut menjadi salah satu seri JUMP terpopuler, dan dari popularitas itu muncul juga adaptasi anime, yang telah dilakukan dua kali. Adaptasi pertama dibuat oleh Nippon Animation yang berjalan dari 1999-2001 yang juga tayang di Indonesia. Lalu dibuat remake yang dianimasikan oleh Madhouse yang berjalan dari 2011-2014.

Tapi meskipun animanga itu sukses, ada satu hal yang tak mengharumkan seri tersebut, yaitu Hiatus. Seri Hunter X Hunter telah berkali-kali keluar masuk masa hiatus dalam 20 tahunan serialisasinya karena kondisi kesehatan Togashi. Hiatus manga Hunter X Hunter begitu melekat sampai ada juga yang membuat website spesial yang mencatat masa on off hiatus manga tersebut.

Dan meskipun akhir 2017 memberi kabar menggembirakan kalau dalam tahun 2018 manga HxH akan berjalan, pada akhirnya perjalanannya hanya sekitar 5 bulan pada awal dan akhir tahun, dengan adanya jeda hiatus juga pada pertengahannya.

Tapi setidaknya masih mending daripada tahun ini, dimana dengan tak adanya chapter HxH baru dalam Shonen JUMP minggu ini, itu berarti selama tahun 2019 ini tak ada manga Hunter X Hunter. Ini adalah pertama kalinya dalam 4 tahun manga tersebut sepanjang tahun, dengan sebelum ini ada hiatus dari pertengahan 2014 sampai pertengahan 2016.