Industri animanga telah mencapai skala internasional, membuat semakin banyak seri Jepang yang didistribusikan keluar Jepang, termasuk ke barat. Dari situ, bisa saja seri asal Jepang tak hanya populer, tapi kepopulerannya juga bisa menyaingi seri-seri lokal, atau bahkan lebih populer lagi. Dan dari bagian sastra, baru-baru ini hal itu terlihat, dengan kabar kalau volume 11 dari manga Hero Academia jadi buku TOP bulan Februari di Amerika.

Hal seperti ini bukan yang pertama, karena sekitar akhir 2017 lalu, volume 12 dari manga One Punch Man juga menjadi buku terpopuler pada bulan September dalam list Top 20 NPD Graphic Novel. Dan juga bersama buku/manga asal Jepang lain.

Dan diawal 2018 ini, Manga Hero Academia yang mendapat giliran masuk posisi TOP dalam list NPD tersebut. Posisi yang bagus, setelah dalam list OPM seri itu memasuki rank 11 untuk volume 1 dan rank 15 untuk volume 9. Mengalahkan tiga buku MCU Black Panther yang volume 1-nya ada di rank 2. Padahal Panther sedang populer di Amerika sana, tapi keren Hero Academia bisa diatasnya disini.

Lalu selain volume 11 yang meraih ranking 1, volume pertama masih saja bisa masuk, pada ranking 17 di list bulan Februari ini. Menjadikannya sebagai seri manga yang menempati posisi teratas dan juga terbawah dalam list ini, tapi diantaranya juga ada beberapa seri lain.

Seri manga terpopuler setelahnya adalah adaptasi manga dari webseries RWBY yang dibuat oleh Miwa Shirow di rank 4. Tak full Jepang sih karena originalnya seri buatan Amerika, tapi dibuat ala anime Jepang. Setelah itu di rank 8 ada volume 3 dari Tokyo Ghoul:Re buatan Ishida Sui.

Kemudian adalah dua seri populer veteran JUMP. Ada One Piece buatan Oda Eiichiro volume 85 yang memasuki rank 10. Dan mengikutinya adalah manga Dragon Ball Super buatan Toriyama Akira volume 2 yang memasuki rank 11.

Dan berikutnya adalah volume pertama adaptasi manga dari game Nintendo Splatoon, yang dibuat oleh Hinodeya Sankichi di rank 13. Dan terakhir adalah volume 25 dari manga Black Butler buatan Toboso Yana.