Kabar pahit manis bagi seri Hataraku Saibou karena meskipun seri dapat anime season baru, tapi manga originalnya diumumkan akan merilis chapter akhirnya, yang menariknya akan menceritakan efek virus corona dalam tubuh manusia. Dan sayangnya hal serupa juga akan terjadi pada Hataraku Saibou BLACK, dimana meskipun adaptasi anime dari manga itu tayang, diumumkan kalau sebentar lagi chapter akhir dari manga itu akan dirilis.

Hataraku Saibou berawal dari seri manga edukasional buatan Shimizu Akane. Judulnya berarti Sel yang Bekerja, dan itulah konsep dan ceritanya, memperlihatkan pergerakan kinerja sel-sel dalam tubuh. Tapi mirip dengan KanColle atau TouRan, ini ditunjukkan melalui anthropomorphis, alias sel-sel itu digambarkan dalam wujud manusia.

Popularitas manga itu membuatnya mendapatkan beragam spinoff dalam beragam demografik. Salah satunya adalah Hataraku Saibou BLACK yang dibuat Harada Shigemitsu dan Hatsuyoshiya Issei dengan suasana yang lebih gelap dan serius, walau juga mendidik, dengan setting ceritanya dalam tubuh pria dewasa yang depresi, stress, dan tidak merawat tubuhnya sendiri.

Seri manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi anime, dengan Hataraku Saibou original dianimasikan oleh studio David Production yang pertama tayang tahun 2018, dan dengan season dua yang baru mulai tayang bulan ini.

Dan tak hanya itu karena Hataraku Saibou BLACK juga menjadi seri spinoff yang pertama dapat adaptasi anime, dan anime itu tayang bersamaan dengan season dua Hataraku Saibou original. Anime itu dibuat oleh studio dan staff yang berbeda, dengan Yamamoto Hideyo yang menyutradai anime itu pada studio LIDEN Films.

Tapi sekalian balik ke topik, mengikuti manga Hataraku Saibou original yang diakhir 2020 kemarin diumumkan akan merilis chapter finalnya pada tanggal 26 Januari ini, baru dikabarkan kalau manga Hataraku Saibou BLACK juga akan merilis chapter terakhirnya.

Dan tanggal perilisannya juga lumayan berdekatan, yaitu minggu depan pada tanggal 24 Januari dalam isu berikutnya dari majalah Kodansha Morning. Dan diumumkan juga kalau buku tankobon terakhirnya pada volume 8 dijadwalkan untuk dirilis pada tanggal 22 Februari nanti.