Sudah ada beberapa rekor dunia yang dipecahkan dalam dunia game atau animanga, seperti patung Gundam RX-78 di Yokohama atau yang akan dipecahkan manga Shingeki no Kyojin dengan buku raksasanya. Dan bicara soal buku, ada sebuah seri klasik yang dikabarkan berhasil memecahkan rekor dunia, yaitu seri manga berjudul Golgo 13 yang memecahkan rekor dengan perilisan buku volume ke-200-nya.

Golgo 13 adalah manga bergenre Seinen yang dibuat oleh Saito Takao yang dimulai tahun 1968, mengisahkan seorang assassin dalam menjalankan misinya yang bernama Tougo yang juga memiliki beragam nama, dari Duke Tougo, Tougo Rodriguez, Tougo Tadashi, dan lain-lain lagi.

Manga itu juga telah mendapatkan adaptasi jadi anime yang tayang tahun 2008-2009, 1 film anime yang tayang tahun 1983 dan 2 film live-action yang dirilis tahun 1973 dan 1977, dan juga 2 game yang dirilis untuk konsol NES atau Nintendo Entertainment System.

Seri tersebut diserialisasikan dalam majalah manga Big Comic dari awal dan masih berlanjut sampai sekarang disitu, walau pada tahun 2020 kemarin mereka ada masuk hiatus dikarenakan masalah pandemik coronavirus demi menjaga kesehatan sang mangaka dan para staff manga itu.

Dan ya, bagi yang melihat dan menghitung angka tahun publikasinya, mungkin agak terkejut dalam membayangkan seri tersebut telah berjalan begitu lama, sampai lebih dari 50 tahun! Dan dari umurnya yang tua dan tetap rajin berjalan sampai sekarang membuatnya merilis banyak sekali volume.

Dan sekalian balik ke topik utama, dikabarkan kalau kini seri itu telah memecah rekor dunia Guinness untuk satu seri manga dengan jumlah volume yang paling banyak diterbitkan bersamaan dengan perilisan buku volume 200 manga tersebut diawal minggu ini. Pencapaian itu juga dirayakan dengan filter spesial bertema Duke Tougo pada app Instagram.

Tapi sedikit trivia kalau sebenarnya ada seri manga lain yang menyaingi Golgo 13 dalam jumlah volume, yaitu seri manga JUMP paling panjang, Kochikame, yang juga merilis buku volume 200 pada tahun 2016. Akan tetapi Golgo 13 sedikit menang karena volume 200 manga Kochikame adalah buku terakhirnya, dan Golgo 13 masih tetap berlanjut.