Terkadang meskipun kita ingin sebuah cerita untuk terus berlanjut, akan ada saatnya cerita tersebut berakhir. Hal tersebut sepertinya juga akan terjadi pada seri manga yang satu ini.

Seri manga Gintama diberitakan akan memulai arc terakhirnya pada tahun 2016 ini

522983_3393939056222_808465n_n

Seri manga Gintama ini adalah buah karya sang mangaka, Sorachi Hideaki, yang menceritakan kehidupan dan petualangan Samurai bernama Sakata Gintoki dan teman-temannya yang dipenuhi oleh komedi, kegilaan, kekonyolan, aksi, dan drama.

Manga ini diterbitkan oleh Shonen JUMP dari tahun 2004, yang kemudian diadaptasi menjadi seri anime pada tahun 2006 sampai tahun 2013 oleh Studio SUNRISE, dan disertai oleh dua movie, yang kemudian penayangannya dilanjutkan lagi pada tahun 2015 sampai sekarang, walaupun kali ini dianimasikan oleh studio lain, yaitu studio Bandai Namco Pictures.

Sebenarnya pada event JUMP Festa lalu, Sorachi Hideaki sudah memberikan hint akan mengakhiri seri Gintama, tapi tidak memberikan kepastian. Ia mengatakannya melalui surat yang dibacakan oleh tiga seiyuu pemeran utama Gintama; Sugita Tomokazu, Sakaguchi Daisuke, dan Kugimiya Rie.

Dalam surat tersebut Sorachi mengatakan bahwa arc yang akan dimulai pada tahun 2016 kemungkinan besar akan menjadi arc terakhir manga Gintama. Tapi ia juga mengatakan ada beberapa bagian cerita yang belum komplit, masih ada yang perlu diselesaikan, jadi mungkin manganya akan lanjut sampai brewok Sugita rontok semua. Yang kemudian dikomentari oleh Sugita yang mengatakan berarti seri Gintama akan lanjut sampai 20 tahun lagi.

Hal ini tentu membawa rasa kekhawatiran bagi para fans Gintama, yang mengirim berbagai surat kepada Sorachi Hideaki. Seorang user Twitter juga merespon hal tersebut dengan mengatakan “Bagi yang sedih akan berita berakhirnya Gintama, jangan khawatir. Buktinya seri BLEACH memasuki chapter akhir dari 3 tahun lalu dan sampai sekarang masih lanjut”.

endofbleach

Walaupun berita tersebut juga dipenuhi rasa canda dan tawa, sepertinya akhir dari manga Gintama sudah dipastikan, karena baru-baru ini, dalam manga Gintama volume 63, Sorachi Hideaki mengatakan akan memulai arc terakhir Gintama pada tahun 2016 ini. Akan tetapi, ia juga merespon kepada para fans yang mengirim surat kekhawatiran kepadanya dengan mengatakan bahwa ia sendiri tidak tahu apakah cerita manga-nya itu sendiri akan benar-benar berakhir pada tahun ini, atau mungkin tahun berikutnya.

Bagaimana menurut para Akiba-chan dan Akiba-kei yang nge-fans dengan seri Gintama ini? Akankah Gintama berakhir di tahun ini? ataukah ini akan menjadi aksi Trolling oleh Sorachi untuk fans Gintama?