Manga Chihayafuru Batal Tamat di Vol 49, Jadinya di Vol…

0
145

Sebuah seri manga pasti akan tamat nantinya, tapi yang menarik adalah ada kalanya saat ending manga itu telah diumumkan tapi karena suatu hal tak jadi dan tamatnya jadi diundur. Gintama mungkin jadi contoh kocak untuk situasi macam itu, tapi hal tersebut juga bisa terjadi pada seri non-komedi. Contohnya adalah seri manga Chihayafuru, yang mengumumkan kalau ending ceritanya batal jatuh pada tankobon vol 49.

Chihayafuru adalah manga karya Suetsugu Yuki berdemografik Josei alias untuk wanita. Manga tersebut mengisahkan seorang siswi sekolah bernama Chihaya Ayase yang jadi berminat menjadi seorang pemain kartu Karuta pro setelah terinspirasi dari teman sekelas barunya, Arata Wataya, yang seorang pemain kartu Karuta bertalenta.

Manga tersebut pertama dirilis pada bulan Desember 2007 dalam majalah Kodansha Comics Be Love. Manga itu juga telah mendapatkan adaptasi anime, yang pertama tayang tahun 2011 dan kemudian lanjut dengan season 2 yang tayang tahun 2013, dan season ketiga yang seharusnya tayang pada musim Spring 2019 tapi kena delay ke musim Fall 2020.

Selain itu seri animanga tersebut juga telah mendapatkan adaptasi live-action, yang dibuat dalam bentuk trilogi film yang disutradai oleh Koizumi Norihiro dan dibintangi oleh Hirose Suzu sebagai Chihaya dan Arata Mackenyu sebagai Wataya. Film pertama dan keduanya dirilis tahun 2016 dan film ketiganya dirilis tahun 2018.

Dan balik pada topik utama, sebelum ini dikabarkan kalau manga Chihayafuru akan tamat, dengan sebelum itu dikabarkan kalau ceritanya mendekati klimaks pada pertengahan 2021. Manga itu akan tamat pada buku tankobon volume 49, dengan kabar itu diberikan saat buku volume 48 dirilis, dan momen itu dirayakan dengan vol 1-47 dibuat gratis dibaca online dalam waktu terbatas.

Tapi seperti yang dikatakan diawal, kemarin-kemarin diberi pengumuman melalui ilustrasi imut dari Suetsugu sensei. Ia memohon maaf karena manga Chihayafuru tak jadi tamat sesuai rencana karena beberapa keadaan editorial manga itu termasuk perkembangan ceritanya.

Alhasil, ceritanya jadi berjalan lebih panjang, dan manga itu jadi akan tamat pada volume 50. Setelah vol 49 yang akan rilis pada bulan Juli, Manga Chihayafuru vol 50 itu dijadwalkan untuk dirilis pada musim dingin nanti dan isinya juga akan termasuk manga spinoff.