Mina-san yang fans anime dan manga, apalagi dari generasi 90an, tak mungkin tak tahu akan seri yang berjudul Naruto. Seri manga buatan Kishimoto Masashi akan seorang bocah Ninja yang bermimpi untuk menjadi Hokage tersebut adalah salah satu seri Top dari Shonen JUMP dan akan dikenang oleh fans animanga baik dalam dan luar Jepang. Tapi Kishimoto belum selesai, karena manga baru Kishimoto Masashi bakal segera hadir buat kalian.

Tapi sebelumnya mari kita kenang sedikit dulu karya besarnya sebelum itu. Seri manga Naruto yang dibuat oleh Kishimoto sensei dimulai tahun 1999, dan setelah 15 tahun penuh berbagai jurus dan kage bunshin dan tailed beast dan lain-lain, seri tersebut selesai pada tahun 2014 dengan jumlah total 72 volume Tankobon berisikan 700 chapter.

Tapi walau kisahnya selesai, kenangan akan bocah ninja pencinta ramen ini takkan hilang. Dan memang tak hilang, karena dibuat berbagai sampingan dan lanjutan akan kisah Naruto. Ada kumpulan novel berjudul Naruto Hiden yang diterbitkan tahun 2015, dan sequel dengan anak Naruto sebagai protagonis, Boruto, yang dimulai tahun 2016.

Yang agak unik, adalah sequel tersebut tak dibuat oleh Kishimoto. disini ia berperan sebagai supervisor, sedangkan manga Boruto itu sendiri dibuat oleh Ikemoto Mikie. Itu membuat Kishimoto bisa punya waktu untuk merencanakan kisah baru.

Kishimoto mengatakan pada tahun 2015 lalu kalau ia sedang merencanakan kisah manga baru, yang dikatakan akan bergenre sci-fi. Kemudian tahun berikutnya ia mengatakan kalau ia telah melakukan research untuk kisah barunya. Dan pada akhir tahun 2017 lalu, ia memperlihatkan teaser gambar-gambar projek barunya, yang dikatakan dibuat untuk tahun 2018 ini.

Dan baru-baru ini, diberikan update info baru lagi. Dalam presentasi projek baru Shonen JUMP yang dilaksanakan kemarin, Nakano Hiroyuki, ketua editor dari majalah manga Shonen JUMP memberikan konfirmasi kalau kisah baru Kishimoto akan berbentuk seri dan bukan one-shot, dan dikatakan juga kalau sekarang seri itu sedang dibuat.

Wah waaah jadi tak sabar nih. Kira-kira akan berbentuk apa ya ceritanya? Kalau sci-fi berarti bisa mengenai teknologi yang modern, agak berbalik dari genre setting Naruto. Jadi penasaran nih akan jadi apa serinya. Ditunggu deh Kishimoto sensei 😉