Siapa yang masih ingat akan seri animanga Tokyo Ghoul? Seri tersebut memang sudah tamat, tapi Ishida Sui sang mangaka tentunya masih belum selesai dan berkarya. Beberapa bulan lalu telah ditunjukkan projek manga barunya setelah Tokyo Ghoul, yang diberi judul Choujin X. Dan akhirnya Ishida sensei telah menyelesaikan projek tersebut, dan chapter pertamanya kini telah dirilis, dan juga telah ditranslasi resmi ke Inggris!

Tokyo Ghoul

Ishida Sui terkenal sebagai mangaka dari Tokyo Ghoul, yang mengisahkan seorang remaja bernama Kaneki Ken yang diubah jadi manusia setengah Ghoul, monster kanibal berkekuatan super, setelah ia sendiri hampir mati diserang oleh Ghoul yang menyamar jadi gadis yang mengajaknya kencan. Hal itu membuatnya terjerumus dalam dunia Ghoul di Tokyo yang gelap dan brutal.

Manga tersebut berjalan dari September 2011 sampai September 2014 dan kemudian stop sebentar sebelum lanjut ke sequel berjudul Tokyo Ghoul re dari Oktober 2014 dan tamat pada Juli 2018. Seri itu juga telah diadaptasi jadi anime yang tayang tahun 2014, 2015, dengan anime Ghoul re tayang tahun 2018, dan juga jadi film live-action.

Dan sekalian balik pada topik utama, pada bulan November 2020 kemarin Ishida memberikan pengumuman akan projek manga barunya lagi setelah Tokyo Ghoul, yang diberi judul Choujin X, tapi tak diberikan banyak detail mengenai manga tersebut. Tapi akhirnya baru-baru ini chapter pertama dari manga Choujin X dari Ishida Sui dirilis, yang dilakukan secara digital.

Dan tak seperti Tokyo Ghoul yang diserialisasi pada majalah manga Young JUMP, Choujin X pindah serialisasi pada website Tonari no Young JUMP. Dan sesuatu yang mantaps bagi fans luar Jepang adalah manga tersebut juga ditranslasikan secara resmi oleh Manga PLUS.

Untuk cerita manga tersebut, tidak diberi ringkasannya, tapi dikatakan kalau manga tersebut mengisahkan cerita pertarungan manusia berkekuatan super, dengan tagline “Kadang Untuk Melawan Monster, Kau Harus Menjadi Monster”.

Sesuatu yang terasa masih mirip dengan kisah Tokyo Ghoul, dan bagi yang tertarik dari keterangan tersebut, silahkan coba dibaca chapter pertamanya yang setebal 81 halaman dan telah ditranslasi pada website Manga Plus.