Bagi dunia animanga saat ini, rasanya tak ada yang tak kenal seri raksasa Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan, baik itu di Jepang maupun diluar. Ketenaran seri ini dapat dengan mudahnya menyaingi berbagai seri manga terbitan majalah manga ternama Shonen JUMP. Tapi tahukah mina-san kalau ada kisah trivia antara Titan JUMP? Sebuah kisah yang bisa dibilang membuat manga AoT sebagai kegagalan terbesar Shonen JUMP.

Kisah ini bisa disebut juga sebagai Shingeki no Kyojin Jiken/Kasus. Jadi saat ini manga Shingeki no Kyojin buatan Isayama Hajime sensei diserialisasikan dalam majalah manga Bessatsu Shonen Magazine yang diterbitkan oleh Kodansha, yang dimulai dari tahun 2009 lalu sampai sekarang ini.

Tapi sebenarnya sebelum itu, Isayama sensei membawakan idenya ke majalah manga lain. Ya, itu adalah majalah manga mingguan Shonen JUMP terbitan Shueisha. Tapi seperti yang dilihat hasilnya, Shingeki no Kyojin jadinya tidak diserialisasikan disitu.

Diceritakan kalau ide Shingeki no Kyojin memang bagus sebagai manga, tapi JUMP menolaknya karena mereka “tak ingin Manga tapi JUMP!” dengan kata lain style dari Shingeki no Kyojin dirasa tidak cocok dengan Shonen JUMP, dan Isayama diminta untuk memodif ceritanya.

manga aot

Tapi Isayama menolaknya, dan ia kemudian membawa karyanya itu ke Bessatsu Shonen Magazine dan Kodansha, dan mereka menerimanya. Dan seperti yang terlihat, ide yang “tak terasa JUMP” itu menjadi salah satu saingan terbesar JUMP dalam dunia manga.

Ini memang cerita yang agak lama, dan sudah ada beberapa yang mengetahuinya. Tapi sejarah ini jadi dilirik lagi karena baru-baru ini ada sebuah manga yang mereferensikan “kasus gelap” JUMP dan manga AoT ini.

Manga ecchi komedi mengenai industri manga karya Yamamoto Ryouhei yang berjudul Saotome Shimai wa Manga no Tame nara!? dimana dalam chapter 16 manga itu, salah satu karakternya, Asana, mengatakan “Jangan lewatkan Keterampilan kita loh, nanti kayak Shingeki no Kyojin” dan ia kemudian diomeli oleh temannya.

Candaan ironisnya lagi, manga Saotome Shimai itu sendiri diterbitkan oleh Shonen JUMP 😀 tepatnya dalam app Shonen JUMP Plus. Tapi mengingat hal ini lagi, beberapa netizen juga jadi berdiskusi jikalau diterima oleh JUMP, kira-kira Kyojin akan jadi seperti apa. Bagaimana kalau menurut mina-san?

Comments