Gempa Kumamoto yang beberapa minggu lalu terjadi di Jepang menimbulkan dampak yang memang terbilang cukup besar bagi warga Jepang karena skalanya yang luar biasa. Ribuan orang pun kehilangan tempat tinggal dan beberapa diantarnya bahkan kehilangan anggota keluarga tercinta. Dan rupanya gempa tersebut juga berdampak pada salah satu mangaka yaitu Mizuho Kusanagi. Seorang mangaka pengarang manga shoujo berjudul Akatsuki no Yona yang sudah mendapatkan anime ini ternyata kampung halamannya di daerah Kumamoto, daerah yang dilanda gempa yang mengguncang Jepang tersebut. Karena hal itu, dalam majalah Hana to Yume edisi terbaru di mana beliau menerbitkan manga karyanya, Kusanagi mengumumkan bahwa dia harus membereskan dulu segala masalah karena gempa tersebut. Tapi syukurnya, bagian editorialnya menginformasikan bahwa dia baik-baik saja dan selamat dari gempa itu. Dan alhasil, serial manga Akatsuki no Yona akan hiatus dulu sampai segala masalah di rumah sang mangakanya selesai. Jadi chapter 123 yang dirilis pada tanggal 2 Mei bulan lalu menjadi chapter terakhir sebelum beliau hiatus.

Akatsuki no Yona

Akatsuki no Yona merupakan manga shoujo karangan Mizuho Kusanagi yang resmi diterbitkan sekitar tahun 2009 lalu pada majalah Hana to Yume. Seri ini mendapatkan adaptasi anime pada tahun 2014 yang resmi disiarkan pada bulan Oktober dan tamat pada episode 24 pada pertengahan bulan Maret 2015 yang lalu. Akatsuki dalam bahasa indonesia diartikan sebagai fajar, saat dimana matahari baru terbit. Sedangkan Yona merujuk pada nama tokoh utama dalam manga ini yaitu putri Yona. Kata Akatuski disini kemungkingan merujuk pada warna langit kemerahan saat fajar, dimana rambut karakter utama Yona juga berwarna kemerahan.

Akatsuki no Yona berkisah seputar kehidupan putri Yona. Yona merupakan seorang putri kerajaan Kouka yang dalam beberapa hari akan menginjak usia 16 tahun. Diusianya yang menginjak remaja itu, Yona memiliki seorang pemuda yang sangat ia cintai yaitu Soowon yang merupakan sepupunya sendiri anak dari paman Yona, Yoohong. Yona adalah seorang putri yang energik, agak manja dan kekanakan. Yona memiliki rambut merah yang sangat ia benci, karena warna rambut tersebut menurutnya aneh dan sangat susah diatur. Segala sesuatu yang dikerjakan Yona diistana, semata-mata ia lakukan untuk menunjukkan keunggulan dirinya pada Soowon, pemuda yang ia cintai. Ia memiliki seorang pengawal pribadi yang juga menjabat sebagai jendral suku angin, son Hak. Mereka bertiga, Yona, Soowon, dan Hak merupakan teman baik sejak kecil. Mereka bertiga sama-sama menghabiskan waktu kecil mereka untuk bermain di istana dan mengukir memori indah disana.