Ketika mendengar kata “WASABI” mungkin sebagian orang bakal keinget sama rasa dan aromanya yang bikin kapok. Ada juga yang malah salah fokus ke drummer band Wagakki yang super keren 😀 Tapi yang akan mimin bahas kali ini bukan wasabi si ikemen ya. Mimin akan bahas manfaat wasabi yang terkandung dalam makanan khas jepang.

Wasabi adalah tanaman akar jepang dengan bau khas menyengat hidung. Tanaman ini termasuk dalam family horseradish. Jenis tanaman ini biasanya dapat kalian beli secara utuh berupa umbi panjang kehiajauan. Atau dalam bentuk yang lebih praktis seperti pasta, bubuk dan sebagainya.

manfaat wasabi

Bagi akiba-chan dan akiba-kei yang hidup di luar jepang juga bisa kok menemukan jenis makanan. Biasanya sih disajikan sebagai pelengkap sushi atau sashimi bersama dengan gari atau acara jahe merah.

Baca Juga: Ini Dia 6 Puding Khas Jepang Yang Harus Kalian Coba

Nah ternyata, si wasabi ini meskipun rasanya pedih banget punya sisi baik lho. Dikutip dari beberapa sumber, manfaat wasabi ternyata sangat banyak. Termasuk untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja ya kira-kira? Yuk simak list dibawah ini 🙂

1 – Wasabi Mengobati Flu dan Alergi

Menelan seonggok besar potongan wasabi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan sinus yang tersumbat. Hal ini tentu saja membuat flu hilang. Gas allyl isothiocyanate yang terkandung juga dapat membantu melawan bakteri penyebab flu dan alergi. Jadi kalau akiba-chan dan akiba-kei lagi pilek coba deh makan pasta wasabi, biar langsung ploonggg… 😀

2 – Wasabi Dapat Membantu Mencegah Kanker

Menurut beberapa penelitian di jepang, wasabi dapat mengurangi resiko kanker. Senyawa 6-MSITC yang terkandung di dalam tumbuhan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang juga memberikan pertahanan melawan sel kanker tertentu.

3 – Wasabi Baik untuk Sirkulasi Darah

Nah senyawa 6-MSITC diatas ternyata juga bekerja untuk menghambat agregasi trombosit, penggumpalan dan pembekuan. Sehingga konon katanya secara efektif dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Efek lainnya yaitu tetap menjaga sirkulasi kelancaran darah secara keseluruhan, sekaligus menjaga kulit tetap bersih.

4 – Wasabi Bisa membuat Awet Muda

Nah ini yang paling ditunggu para wanita. 😀 Sulfinyl, senyawa yang dilepaskan saat wasabi segar diparut adalah anti oksidan yang sangat bagus. Mengkonsumsi wasabi secara teratur berarti memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh. Dan juga dapat membantu menahan penuaan dini.

5 – Wasabi Menetralkan Racun Makanan

E3WYWN Ginger and wasabi

Akiba-chan dan akiba-kei pernah penasaran nggak kenapa wasabi digandengin sama makanan segar macam sashimi dan sushi? Ya karena ini alasannya. Bukan karena pedesnya ngurangin amis. Tapi karena wasabi mengandung senyawa yang dapat melawan bakteri jahat. Dan menetralkan racun yang kadang terbawa oleh jamur. Maka dari itu nggak heran kalau orang jepang nggak pernah absen nyolekin wasabi disetiap menu makanan mereka. 😀

Kalau akiba-chan dan akiba-kei gimana? Doyan sama wasabi nggak?