Hello akiba-chan dan akiba-kei,,,
Apakah kalian tau Jakarta Osoji Club? Jakarta Ososji Club adalah organisasi peduli lingkungan yang didirikan oleh Suyoshi Ashida bersama teman-teman jepangnya dengan tujuan untuk membuat masyarakat khususnya kota Jakarta peduli akan lingkungan, terutama sampah. Nah, dalam memperingati hari ulang tahun ke-4nya, Jakarta Ososji Club mengadakan acara Talk Show yang bertema Sampahku, Tanggungjawabku. Acara ini diselenggarakan hari sabtu 30 April di AEON Mall.

Padua Suara SMPN 1 CISAUK
Padua Suara SMPN 1 CISAUK

Acara dibuka dengan sambutan dari founder JOC (Jakarta Osoji Club) dan Presiden Direktur AEON Mall. Setelah itu terdapat penampilan pembuka oleh murid-murid paduan suara SMPN 1 Cisauk bersama Mr. Kazu yang menyanyikan JOC Song. Mr Kazu berkata bahwa persiapan untuk penampilan ini dilakukan selama dua minggu lamanya dan sudah melakukan rekaman juga.
Setelah acara pembukaan akhirnya kita berada di acara inti yaitu Talkshow sesi pertama yang dibawakan oleh bu Retno sebagai moderator, dan empat narasumber yaitu Pak Sudarmaji Salim sebagai General Mamager PT AEON Indonesia, Pak M. Taher Rahmadi sebagai perwakilan dari Pemda Tagsel, kak Agung dari Qlue, dan kak Ridho dari Waste 4 Change. Talkshow ini berfokus kepada bagaimana bahaya sampah plastik dan bagaimana agar kota yang kita tempati bebas dari sampah. Tau nggak Akiba-chan dan Akiba-Kei, bahwa Negara kita tercinta ini merupakan Negara ke-dua sebagai penyumbang sampah plastic di dunia. Wow sebuah prestasi yang memalukan bukan?

Talkshow sesi pertama
Talkshow sesi pertama

Pak Taher berkata bahwa pemisahan sampah merupakan masalah dari masyarakat kita sehingga semua sampah tercampur menjadi satu. Sementara kak Ridho berkata bahwa jangalah kita menyalahkan sampah, salahkanlah manusia itu sendiri karena tidak peduli dengan lingkungan. Jangan jadikan sampah sebagai kambing hitam.

Hiroaki Kato menyakitkan lagu Arigatou
Hiroaki Kato menyakitkan lagu Arigatou

Setelah talkshow sesi pertama berakhir, ternyata ada datang guest star yang sudah tak asing lagi, Hiroaki Kato membawakan satu lagu berjududl Arigatou. Disusul setelahnya ada penampilan dari Ayo Dongeng Indonesia yang dibacakan oleh Kak Budi Cahyono sambal membawa boneka lucu bernama Ando. Beliau menceritakan sebuaha kisah yang berjudul Raksasa Sampah. Sebuah kisah yang sangat menarik diiringi dengan hadirnya raksasa sampah berukuran manusia.

Hiburanpun dilanjutkan dengan pementasan drama oleh siswa SMPN 1 Cisarua yang berjudul Malu Buang Sampah Sembarangan. Drama ini penuh dengan pesan bahwa kita harus membuang sampah pada tempatnya dan malu jika membuang sampah sembarangan. Stetlah itu acara dilanjutkan dengan Talkshow sesi ke-2 dengan narasumber dari berbagai macam organisasi-organisasi pencinta lingkungan yaitu kaka Afrilian dari Kemangteer, Kak Ihsan dari #SEASOLDIER, Bu Nila dari Bersih Nyok, dan Pak Sudarmaji Salim dari PT AEON Indonesia. Masih membahas sekitar penanganan sampah, pada sesi ke-dua ini lebih menonjolkan pentingnya menjaga tidak hanya daratan, tapi juga lautan dan tumbuhannya.
Acara ini ditutup dengan ceremony dari ulang tahun Jakarta Osoji Club yang sudah berdiri selama 4 tahun. Banyak sekali manfaat yang bisa mimin dapatkan dengan hadir di acara ini. pelajaran yang paling utama selain dari menjaga lingkungan adalah bahwa orang jepang yang tinggal di Jakarta saja peduli akan lingkungan Jakarta yang notabene-nya adalah bukan Negara mereka sendiri. Bagaimana dengan kita, anak bangsa yang dari lahir hingga sebesar ini tinggal di Tanah Air tercinta. Apakah kita tidak malu buang sampah sembarangan?