Makura Gaeshi Datang dan Membalik Bantalmu!

Selamat pagi! Bagaimana tidurnya, Minna-san? Yuk lihat ke tempat tidur! Apakah bantal kalian berpindah secara aneh?

Hm… di Jepang, terdapat mitos mengenai sebuah makhluk yang mengusili manusia dengan membalik atau memindahkan bantal ketika ia tidur ke kakinya. Makhluk mitos ini kemudian dikenal dengan nama ‘makura gaeshi’.

Nama makura gaeshi berasal dari dua kata, yaitu ‘makura'(枕) yang berarti bantal dan ‘kaeshi'(返し) yang berarti membalik. Makura gaeshi memunyai nama lain yaitu ‘makura ‘kozou’. Sesuai namanya, makura gaeshi mengusili manusia yang sedang tidur dengan memindahkan bantalnya ke kaki. Namun, seringkali mereka diceritakan tidak hanya sekedar membalik bantal. Terdapat cerita bahwa makura gaeshi juga menindihi korban dan menyebabkan ‘sleep paralysis’ atau ‘kanashibari’ yang menyebabkan korbannya tidak dapat bergerak atau bernafas selama beberapa saat. Ada pula mitos yang bercerita bahwa ia menghisap habis udara yang ada dalam paru-paru korbannya sehingga korbannya tidak dapat bernafas.

Makura gaeshi juga terkadang mengotori tempat yang ia kunjungi dengan melangkah di tempat kotor dan kemudian menginjakkan kakinya ke tempat yang bersih, atau seringkali tatami. Usil juga, ya^^”.

Makuragaeshi sedang beraksi
Makuragaeshi sedang beraksi

 

Makura gaeshi sedang beraksi

Tidak jarang pula ia mencuri mimpi indah serta memasukkan mimpi buruk kepada korbannya. Bahkan terdapat pula legenda bahwa seseorang yang didatangi makura gaeshi langsung meninggal sebab rohnya ikut diambil oleh makura gaeshi! Legenda ini ramai berhembus di daerah Kanazawa, Prefektur Ishikawa.

Menunggu  mangsa datang :v

Makura gaeshi berwujud anak kecil, yang membuatnya tergolong dalam zashiki warashi (yokai berwujud anak kecil) dan berpenampilan menyerupai samurai atau pendeta Buddha.

makuragaeshi 2

Makura gaeshi pernah muncul dalam cerita yang dibuat oleh Mizuki Shigeru, mangaka bergenre Japanese traditional horror yang juga mengarang GeGeGe no Kitaro, Kappa no Sanpei dan Akuma-kun. Patung makura gaeshi juga ada di Sakaiminato Mizuki Shigeru Road, sebuah jalan yang didedikasikan untuk Mizuki Shigeru yang telah menghasilkan banyak karya yang mayoritas diisi oleh hantu-hantu tradisional Jepang.

Jadi, kalau bantalmu tiba-tiba pindah ke kaki saat bangun tidur, mungkin tadi malam makura gaeshi datang ke kamarmu^^!