Nama Makoto Shinkai pasti sudah tidak asing lagi di telinga para penikmat maupun pecinta animovie. Lewat movie terbarunya yang bertajuk “Kimi no Na wa” (Your Name) pria asal Koumi, Nagano, Jepang ini sukses meraih keuntungan sebesar 10 milyar yen atau sekitar 1,2 triliyun rupiah, hanya dalam waktu 28 hari saja. Menanggapi hal ini, melalui program “Watching Japanese New Movies” beberapa waktu lalu yang ditayangkan di stasiun televisi Fuji, ia mengatakan bahwa keuntungan 10 milyar yen ini sangatlah menyeramkan. Menurutnya, keuntungan ini tidaklah proporsional dengan keahliannya sendiri, ia takut jika penilaian orang terhadapnya nantinya tidak akan berimbang.

10 milyar
Mikoto Shikai Dalam Acara “Watch Japanese New Movies” beberapa waktu yang lalu

Selain merasa takut akan jumlah keuntungan yang ia peroleh tersebut, Makoto juga mengatakan bahwa ketika ia membuat animovie yang rencananya akan tayang di 85 negara luar Jepang tersebut juga mengatakan, “Kali ini aku membuatnya tanpa pertimbangan apa-apa dan rasa percaya diri yang aku miliki hanyalah ketika aku akan mendapatkan balasan jika film ini enjoyable.”

Dalam sejarah box office Jepang, Kimi no Na wa tercatat sebagai film kedua yang mencapai angka keuntungan mencapai 10 milyar yen dalam kurun waktu 28 hari sejak hari pertama tayang, setara dengan film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone. Namun, film tercepat yang mencapai angka keuntungan sebanyak 10 milyar yen hingga kini masih disandang oleh “Spirited Away” yang mencapai angka tersebut dalam kurun waktu 25 hari.

10 milyar
Kimi no Na wa

Kimi no Na Wa (Your Name) sendiri adalah sebuah film animasi produksi CoMix Wave Films yang dirilis pada bulan Agustus lalu yang menceritakan tentang pertemuan Mitsuha, seorang perempuan yang berasal dari 3 tahun lalu, dengan Taki, laki-laki yang hidup di jaman sekarang. Pertemuan mereka yang dibilang tidak wajar ini, ternyata dapat membawa keduanya merasakan cinta yang selama ini mereka cari.

Menanggapi ketakutan Makoto akan keuntungan yang besar ini, para netizen memberi tanggapan bahwa seharusnya Makoto tidak merasa begitu, dan dengan momentum yang seperti ini, Kimi no Na wa akan dapat dengan mudah mencapai angka 20 milyar yen. Akankah film yang sedang naik daun ini dapat mengalahkan Spirited Away yang memiliki nilai penjualan sebanyak 30,8 milyar yen?

Keep update with everything about Japan, by always reading from akibanation.com!