Makna Boneka Daruma!!

pembakaran daruma

Akiba-chan dan Akiba-kei pernah dengar permainan tradisional yang dimainkan beberapa orang trus salah satu pemainnya menyebutkan “Daruma-san ga korondaaa..! Daruma-saannn gaaaaa.. koro…nda!” ?? Yep permainan ini disebut permainan “Daruma-san”. Tapi sebenarnya tau nggak sih Akiba-chan dan Akiba-kun mengenai Boneka Daruma??

Ini adalah video permainan tradisional “Daruma-san”.

Daruma san adalah boneka tradisional berwarna merah, berbentuk bulat dan tidak berkaki maupun memiliki tangan. Boneka daruma dapat dibeli kapanpun namun kebanyakan wisatawan maupun pengunjung membelinya pada awal tahun di Kota Takasaki ini.

 

Festival Daruma - Daruma Market
Festival Daruma – Daruma Market

Tradisi boneka daruma yang dianggap sebagai benda keberuntungan ini berawal dari kuil Shorinzan Darumaji (少林山達磨寺) sejak puluh tahunan yang lalu. Kuil Daruma ini dibangun oleh Pendeta Shinetsu pada tahun 1697  dan terletak di Kota Takasaki di Prefektur Gunma. Boneka ini berasal dari cerita Bodhidarma yang 9 tahun lamanya bertapa untuk meditasi. Konon karena dalam jangka waktu tersebut Bodhidarma bertapa, kaki dan tangannya menjadi tidak berfungsi dan lepas dari tubuhnya. Oleh karena itu Boneka daruma tidak memiliki tangan atau kaki. Warna merah dari boneka daruma juga berasal dari warna baju yang dikenakan pada waktu itu.

Kuil Daruma
Kuil Daruma
Kuil Daruma
Kuil Daruma

Pada tanggal 6 dan 7 Januari disetiap tahunnya, di Kota Takasaki Prefektur Gunma ada Festival Daruma yang memasarkan boneka daruma berbagai ukuran dan model yang berbeda untuk dijual kepada wisatawan maupun warga lokal. Hingga sekarang festival ini merupakan penghasilan utama masyarakat Takasaki. Boneka daruma yang juga dianggap sebagai benda keberuntungan ini dijual tanpa gambar di kedua belah matanya. Jika ingin harapannya terkabul, maka orang tersebut harus menggambar salah satu matanya dan akan dilanjutkan menggambar sebelah mata lainnya jika harapannya sudah terkabul.

Boneka Daruma ketika baru dibeli
Boneka Daruma ketika baru dibeli
Daruma yang menyatakan harapan belum dikabulkan harapannya
Daruma yang menyatakan harapan belum dikabulkan

Setelah harapan terkabulkan, daruma yang sudah digambar dengan lengkap kedua belah matanya dianjurkan untuk dikembalikan di Kuil untuk dibakar.

Daruma yang akan dibakar
Daruma yang akan dibakar
Daruma yang dibakar
Daruma yang dibakar

Makna lain boneka daruma selain boneka pembawa keberuntungan dan harapan, adalah pantang menyerah. Hal ini karena didalam boneka daruma terdapat benda bulat berat yang berfungsi sebagai pemberat. Jika boneka daruma dijatuhkan akan dapat berdiri kembali dengan sendirinya. Dan bagi orang Jepang, hal ini dipercaya bahwa boneka daruma memiliki makna dari “Ketika terjatuh maka harus bangkit kembali” atau “Pantang Menyerah”. 😀