Anime Tourism kini menjadi salah satu bisnis yang ramai di negara Jepang. Dan itu tak begitu mengherankan dengan semakin banyaknya seri anime yang diproduksi yang bersetting di Jepang dan semakin banyaknya lokasi anime pilgrimage yang tercipta karena itu. Salah satu yang terlahir dari hal tersebut, adalah pemakaian manhole anime, yang dikatakan kini semakin marak dan semakin banyak dipakai di berbagai kota Jepang.

Mungkin sudah ada yang tahu apa itu manhole, yaitu besi bundar penutup lubang selokan. Dan contoh manhole anime yang lumayan dikenal adalah yang bergambarkan karakter-karakter Love Live dan dipasangkan di Kota Numazu. Hal tersebut membuat fans Love Live yang datang melakukan Anime Pilgrimage juga bisa melakukan hobi yang lumayan ramai saat ini, yaitu mencari dan menemukan manhole anime.

Aktivitas mencari manhole memang sudah suka dilakukan orang-orang sebelum ini. Hal tersebut dipakai untuk mendorong turisme sebuah lokasi di Jepang, dengan sebuah kota atau prefektur tertentu akan memasangkan manhole dengan desain yang indah dan cantik untuk menarik pengunjung datang dan melihatnya.

Pemakaian manhole custom itu sendiri dijelaskan oleh Koran Perairan Jepang telah dilakukan begitu lama di negara Jepang, dengan contoh yang paling tua dikatakan berawal dari tahun 1977. Saat itu Kota Naha di Prefektur Okinawa, yang sudah terkenal layaknya Bali dari Jepang, memakai manhole yang unik, dan hal itu mendorong kota dan prefektur lain untuk melakukan hal yang sama.

Tapi belakangan ini, dikatakan kalau pemakaian manhole custom bergambarkan anime menjadi semakin populer. Dan itu dibuktikan tak hanya pada Kota Namazu. Contoh lainnya adalah manhole bergambarkan animanga klasik Galaxy Express 999 yang dipasangkan di Kyushu.

Dan selain itu semakin banyak juga kota-kota Jepang yang memasang manhole bergambarkan Pokemon. Seperti di Ibusuki yang melakukan permainan kata, memakai Eevee (i-bu) dan beragam evolusinya pada desain baru manhole mereka.

Prefektur Iwate juga melakukan hal serupa. Mengikuti bagaimana mereka mengangkat pokemon batu Geodude sebagai ambasador dari prefektur mereka, kini prefektur tersebut juga telah memasangkan beragam manhole yang bergambarkan berbagai pokemon dengan elemen batu dan tanah pada kota-kota disana.