Sudah diketahui kalau wabah virus corona ini membawa dampak pada dunia animanga, dengan banyak event batal dan produksi anime terhambat. Hal itu membuat seiyuu alias pengisi suara di Jepang juga kesusahan mencari uang. Mungkin karena itu dan juga untuk membantu masyarakat Jepang yang tak dapat keluar rumah, belakangan ini jadi makin banyak seiyuu anime yang membuka channel jadi Youtuber.

Selain contoh yang telah diberikan sebelumnya, kini ditemukan ada banyak lagi seiyuu yang membuka channel Youtube mereka sendiri. Ada Toriumi Kosuke, seiyuu yang terkenal memerankan Yuri Lowell dalam game Tales of Vesperia dan Mikazuki Munechika dalam game Touken Ranbu, dengan channel Tori-san Gakkyuu yang telah merilis episode pertamanya, mengenai makan Yakiniku.

Lalu ada juga seiyuu veteran Seki Tomokazu yang terkenal memerankan Gilgamesh dalam seri Fate dan Domon Kashu dalam anime G-Gundam, yang baru merilis video Youtube pertamanya berupa senam radio yang rutin dilakukan masyarakt Jepang diluar, yang dilakukan olehnya secara indoor.

Dan ada seiyuu bishie populer Kaji Yuuki! Konten miliknya agak beda, dengan “video” Youtube miliknya berupa Reading Aloud alias membaca tulisan dengan suara keras. Kaji mengatakan Reading Aloud adalah budaya yang menyenangkan, dan walau ia masih belum matang ia akan membaca dengan segenap hatinya dan berharap orang dewasa dan anak kecil bisa menikmatinya.

Lalu ada Someya Toshiyuki yang walau lebih terkenal sebagai aktor live-action dan model, juga memiliki karir sebagai seiyuu, seperti dalam Gakuen Babysitters sebagai Yagi Tomoya dan Hijikata dalam Bakumatsu Kareshi. Ia baru membuka channel minggu lalu, dan kini sudah merilis 3 video.

Dan sedikit terhubung dengan ini tapi beda platform, adalah seiyuu Yuuki Aoi yang membuat rekaman Reading Aloud seperti Kaji Yuuki dengan website SoundCloud. Yuuki Aoi mengatakan ia dengar Presiden Israel membuat rekaman picture book untuk orang tua dan anak yang tak keluar rumah, dan ia juga jadi ikut mencobanya. Dan hal itu diikuti juga oleh temannya, seiyuu Takahashi Rie.

Dan menariknya lagi adalah seiyuu Koiwai Kotori yang mengedit rekaman dan mengkomposisi musik dari SoundCloud Y.Aoi dan Rieri itu. Dengan Koiwai baru membuat studio musik sendiri juga di rumah dan baru memberi update di channel Youtube miliknya dengan merilis video healing music buatannya sendiri yang jadi BGM rekaman Y.Aoi dan Rieri.