Makanan Indonesia dalam Anime “Shokugeki no Soma”

Siapa sih yang belum tau kalau season ini lagi on air cooking anime Shokugeki no Soma? yup, anime ini bercerita tentang seorang remaja bernama Soma yang memiliki keahlian memasak yang diturunkan oleh ayahnya. Ayahnya sendiri adalah anggota dari Elite 10 Council, yaitu organisasi dalam Totsuki Academy yang dibentuk oleh 10 siswa terbaik yang bertugas untuk mengambil keputusan dalam permasalahan-permasalahan yang ada di Totsuki Academy yang langsung dibawahi oleh direktur Totsuki Academy.

Sejak usia 6 tahun Soma dan ayahnya sudah akrab dengan “Shokugeki” (duel memasak). Dalam ratusan duel yang telah dilalui melawan ayahnya, tak satu angka kemenangan pun diperoleh oleh Soma. Kali ini pada episode 16 setelah Soma melalang buana mengembara mencari ilmu dan pengalaman memasak di Totsuki Academy pada episode-episode sebelumnya, akhirnya Soma kembali berduel dengan ayahnya.

soma vs fatherShokugeki: Soma vs Joichiro

       Dalam duel kali ini Soma menghidangkan risotto yang merupakan hidangan nasi campur khas Italia Utara, yaitu beras yang dimasak dengan kaldu sehingga lengket menyerupai krim. Kaldu yang digunakan dapat berasal dari daging, ikan, atau sayuran. Di pihak lain ayah Soma mehidangkan ramen. Eh? ramen? yap, ramen dengan lauk tempe.

ramen tempe

       Ramen yang disajikan tersebut menghadirkan tempe sebagai lauk tambahannya. Dalam episode ini juga dijelaskan bahwa tempe merupakan kedelai yang difermentasikan dan dibungkus daun pisang dan makanan ini orisinil dari Indonesia. Berikut ilustrasinya

tempe ramenShokugeki no Soma: Ramen dengan tempe

tempe tempeTempe: makanan tradisional asli Indonesia sejak lebih dari 400 tahun lalu

       Nah, sekarang kita jadi tahu betapa terkenalnya Indonesia akan tempe. Yuk kita lestarikan tempe nusantara. Tentu saja banyak cara untuk melestarikan peninggalan nenek moyang ini dan tentu saja cara kita berbeda-beda. Okay, semoga informasinya bermanfaat. Selamat beraktifitas