Sabtu dan minggu kemarin tepatnya tanggal 28 dan 29 Mei adalah hari yang istimewa bagi para pencinta komik, terutama komik Indonesia yang terselenggara dalam acara Comicfest Id. Acara yang terselenggara di SMESCO Exhibition Hall ini mengundang banyak pengunjung tidak hanya dari kalangan remaja saja, namun juga ada beberapa orang tua yang memenami anak mereka.

Pengunjung Comicfest Id
Pengunjung Comicfest Id

Dengan mengusung hastag #MAJUTERUSKOMIKINDONESIA, terdapat sekitar 26 lebih komikus yang hadir pada hari itu seperti Kusbram, Sweta Kartika, Annisa Nisfihani, Faza Meonk, dan lima diantaranya merupakan komikus dan illustrator yang berasal dari Jepang (Gaku Miyao), Filiphina Harvey Tolibao dan Kim Jacinto), dan Malaysia (puppeteer Lee dan Zeen). Tidak hanya komikus yang hadir memeriahkan acara tersebut, terdapat banyak Guest Cosplayer kece yang datang dan menyelenggarakan meet and greet di Comicfest Id, diantaranya Liui, Ying Tze, Orochi, Pinky Lu Xun, Naru, Erlan, dan banyak lagi.

Grand Legend Ramayana Special Stage Show
Grand Legend Ramayana Special Stage Show

Para guest cosplayer yang hadir tidak hanya mengadakan meet and greet saja, tapi mereka juga beraksi dalam Grand Legend Ramayana Special Stage Show, sebuah pertunjukkan yang diambil dari komik dengan judul sama dan diterbitkan di majalah komik Re:ON. Para cosplayer tersebut adalah Naru sebagai Rama, Ying Tze sebagai Shinta, Liui sebagai Laksman, Erln sebagai Rahvan, Piky Lu Xun sebagai Mandodar, dan Orochi X sebagai Vibishan. Kapan lagi bisa liat coplayer terkenal show sebagai tokoh dari komik karangan asli Indonesia.

Pemenang Costreet Competition
Pemenang Costreet Competition

Pada hari kedua acara difokuskan pada Cosplay Competition dan Costreet Competition. Para peserta yang tampil dalam Cosplay diberi saran, masukan, ataupun pujian dari para juri yang sudah berpengalaman sehingga para pesertapun diharapkan dapat mempertahankan atau memperbaiki penampilannya di masa yang akan datang.

Talkshow dengan para komikus
Talkshow dengan para komikus

Comicfest Id ini juga mengadakan Talkshow dan Workshop dari para komikus dari Jepang, Grand Legend Ramayana, Is Yunarto, DC Comics & Marvel Comics, dan Indonesian Young Comic Artist. Acara semakin dimeriahkan dengan adanya drawing battle oleh Indonesian Comic Artist yang terdiri dari Kosmik, Re:ON, dan ShonenFight. Dengan terselenggaranya Comicfest Id ini, semoga banyak generasi muda yang lahir dan terus melanjutkan pergerakan komik Indonesia untuk maju sehingga tidak kalah dengan komik dari luar negeri #MAJUTERUSKOMIKINDONESIA.