Kabar gembira untuk para penggemar Harry Potter yang juga penggemar budaya negeri sakura! Ada yang masih terngiang-ngiang dengan sekolah-sekolah sihir di dunia Harry? Selama ini yang kita kenal dari dunia sihir di mana Harry menempuh pendidikannya didunia yang penuh hal ajaib itu hanya ada tiga sekolah yang pernah disebut. Hogwarts di tempat Harry berasal yaitu Inggris, Beauxbatons yang berlokasi di Prancis dan terakhir Dumstrang yang terletak di Norwegia. Ketiganya pun kita ketahui berpartisipasi dalam turnamen Triwizard dari buku Harry Potter keempat yang berjudul Harry Potter and Goblet of Fire.

Dari tadi mimin menyebut soal sekolah, terus sekolah apa sih yang menarik minat penggemar negeri sakura ini? Ya, di website resmi Harry Potter yang dikelola langsung oleh J.K. Rowling sudah dirilis berbagai nama sekolah sihir beserta trivia-nya yang tersebar luas di seluruh dunia. Di antaranya adalah Mahoutokoro yang terletak di sebuah pulau gunung vulkanik di Jepang, Minami Iwo Jima, 750 kilometer dari pulau Honshu. Pulau ini tidak dihuni oleh muggles (orang awam yang tidak bisa menggunakan sihir) tetapi di puncak gunung tersebut ada sekolah sihir kuno yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Sekolah ini sebenarnya tidak pernah disebut secara terangterangan dalam buku Harry Potter series, hanya ada hint bahwa Toyohashi Tengu, tim dari Jepang adalah pemenang Liga Kejuaraan Quiddicth yang sekarang.

Mahoutokorocrest

Kemungkinan besar alasan yang membuat penulis Harry Potter ini membuat sekolah sihir di Jepang adalah fanbase Harry Potter di Jepang yang begitu besar dan kuat. Hal ini bisa dilihat sejak perilisan film pertamanya yang berjudul Harry Potter and Philosoper’s Stone menjadi salah satu film yang mendapatkan peringkat tertinggi baik dalam jumlah penonton dan penjualan merchandise di Jepang. Pengumumannya disertai munculnya akun twitter baru bernama @MahoutokoroJPN. Peluncuran sekolah-sekolah sihir ini sekaligus ditujukan untuk menaikkan atensi fans pada “Fantastic Beast and Where to Find Them”, sebuah film dengan latar Amerika berdasarkan buku Harry Potter yang naskahnya sendiri dibuat oleh J.K. Rowling.

Mahoutokoro memiliki arsitektur berbentuk pagoda yang terbuat dari batu giok. Sekolah ini kemungkinan adalah salah satu sekolah sihir tertua di dunia menurut dunia ciptaan J.K. Rowling. Menurut tulisannya, sekolah ini terkenal dengan prestasi akademisnya, dan dalam permainan Quidditch, olahraga semacam pertandingan bola tangan di mana pemainnya menggunakan sapu terbang. JIka dipikir prestasi macam ini tidak mengherankan, apalagi dengan sifat orang Jepang yang terkenal disiplin dan ulet di dunia internasional.

Sekolah ini sendiri memiliki ciri khasnya tersendiri salah satunya jubah yang mereka kenakan dapat berubah warna tergantung pengetahuan yang dimiliki oleh pemakainya. Jubah akan berwarna pink untuk pemula, emas untuk murid yang sudah menguasai sihir yang lebih tinggi, dan putih untuk pemakai sihir hitam. Bagi murid yang ketahuan mempelajari atau melaksanakan sihir hitam, konsekuensinya adalah dikeluarkan dari sekolah dan dikirim ke Kementerian Sihir Jepang untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Sepertinya untuk pemakai sihir hitam kebalikannya dari pandangan umum ya, kemungkinan ini karena jubah aslinya sendiri berwarna hitam. Kalau mimin sih yakin bisa pakai jubah emas asal berusaha, asal jangan sampai jubahnya berubah jadi putih, nanti eksistensi mimin bisa dihilangkan dari dunia persihiran ‘kan gawat.

Mahoutokoro_(Fan-Crest_1)

Perekrutan murid-murid ke sekolah ini pun berbeda dari proses yang biasa kita baca atau lihat dari Hogwarts. Kalau di Hogwarts muridnya direkrut saat mereka menginjak umur 11 tahun dan akan langsung dibagi ke dalam empat asrama terpisah menurut hasil Topi Seleksi, di Mahoutokoro lain lagi ceritanya. Sekolah mengambil murid sejak mereka berumur 7 tahun, dan mereka tidak masuk asrama sebelum umur mereka 11 tahun. Murid yang belum masuk asrama tersebut diantar-jemput oleh burung petrel raksasa meski yang mimin bayangkan malah bangsa elang yang ada di LOTR. Di website resmi belum dijelaskan secara rinci apa saja nama asrama mereka. Menurut mimin sih nanti ada pengaruh juga dari ninja atau samurai jaman dulu yang pastinya memberikan warna baru untuk dunia sihir yang selama ini kita rasakan kental dengan aura dan budaya Baratnya. Merupakan suatu kehormatan juga bila mereka mendapatkan tongkat sihir kayu ceri (kemungkinan besar yang dimaksud pohon sakura) dari sekolah mereka. Jadi di sana sakura bukan hanya kebanggaan dan bunga negara yang sangat dihargai dan dikagumi oleh muggles, tapi juga penyihir.

Kedengarannya keren banget ya? Sejauh ini Mahoutokoro adalah satu-satunya sekolah sihir yang terletak di Asia meski ada juga beberapa penyihir di Asia sekolah di Koldovstoretz School yang terletak di Rusia. Meskipun katanya tertua, tapi entah kenapa mimin merasa namanya kurang kreatif. ‘Mahou’ berarti sihir atau magis, dan ‘tokoro’ berarti tempat, jadi kalau diterjemahkan jadi ‘Tempat yang Magis’. Terdengar terlalu sederhana dan biasa banget ya? Kalau melihat nama sekolah lain seperti Castlebruxo di Brazil yang berarti ‘Kastil Penyihir’, mimin merasa mungkin Rowling memakai nama yang gampang dimengerti secara umum meski kurang unik untuk dibaca dan diucapkan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sekolah apa saja dan di mana saja, website resmi pottermore.com sudah mengeluarkan sebelas nama sekolah sihir yang bisa langsung dicek keterangan lebih lanjutnya.

Oke deh, siapa yang mau ikut mimin ke Mahoutokoro di dalam mimpinya mimin? Atau mungkin siapa tahu sebenarnya ada adik atau bahkan keponakan kalian ada yang sudah diterima di sana, hanya saja kalian tidak tahu karena kalian termasuk kalangan muggles. Semoga saja data lebih rinci tentang sekolah ini keluar dalam waktu cepat atau lambat, lumayan ‘kan untuk mengobati kekecewaan tidak terpilih masuk sekolah sihir, masih ada cosplay plan jadi penyihir versi Mahoutokoro, bukan hanya dari Hogwarts saja.

latest