Anime, manga, game dan pop culture Jepang lainnya memang memiliki penggemar dari berbagai segmen, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, wanita maupun laki-laki. Berbagai jenis pekerjaan pun juga turut andil menjadi bagian dari penggemar budaya Jepang yang sangat popular saat ini. Contohnya adalah dari mahasiswi S3 yang satu ini, dia menggabungkan hobinya dengan ilmu pengetahuan. Hmm… bakal seperti apa ya?

Namanya adalah Daria Dalla’Olio. Seorang mahasiswi dari Chalmers University of Technology dari Swedia ini membuat presentasi Astronomi menggunakan anime sebagai medianya. Presentasi dengan judul “Costellazione Manga” ini bertujuan agar khalayak ramai mengerti dasar-dasar ilmu dari luar angkasa. Dengan menggunakan Galaxy Express 999, Saint Seiya, Hokuto no Ken, dan Sailor Moon.

Baja Juga:

“Kami mengambil contoh nyata dari komik untuk mengilustrasikan lingkungan keras dari alam semesta” Menurut Dall’Olio. “Kami menggunakan karya dengan prespektif yang lebih nyata untuk memperkenalkan gambaran umum dari perbedaan bintang, planet, galaksi, dan kemungkinan ada kehidupan lain di planet lain. Kami juga menjelaskan bagaimana sebuah bintang diperlakukan berbeda di kebudayan yang berbeda pula.”

Mahasiswi S3 ini sedang mempresentasikan karyanya di Fukuoka pada konferensi Communicating Astronomy with the Public – CAP2018. Yang diselenggarakan oleh International Astronomical Union (IAU) pada bulan Maret.

Presentasi dengan menggunakan anime ini adalah sebagai alat untuk mengantar khalayak ramai ke topik pembahasan. Sebagai contoh mereka menggunakan serial Starblazer dan bagaimana cara kerja mesin waktu pada serial itu sebelum dilanjutkan ke pembahasan utama mengenai planet dalam dan luar tata surya kita. Presentasi ini juga menolak teori tentang adanya planet di dekat bintang Vega di mana UFO Robo Grendizer berasal. Mahasiswi S3 nan cantik ini juga membahas serial sci-fi yang tidak terlalu populer namun lebih akurat teorinya seperti Planetes dan 2001 Nights.

Dall’Olio berhasil memotivasi orang lain untuk keluar rumah dan mengamati bintang. Dia juga seorang pemandu alam resmi dan presentasi Konstelasi Manga ini tidak hanya mengajarkan tentang anime, manga, astronomi dan fisika, tapi juga bintang di habitat asalnya.

Comments