Jika biasanya kalian malas untuk membuka kamus yang didalamnya hanya terdapat ribuan huruf, bentuk dan sampul yang monoton, maka mungkin tidak dengan kamus yang satu ini. Pada artikel sebelumnya sudah mimin bahas anime yang menyoroti kehidupan segerombolan pekerja keras pembuat kamus. Mulai dari susahnya cari inspirasi sampai dunia percintaan dan keseharian mereka. Anime berjudul “Fune wo Amu” tersebut bekerja sama dengan sanrio membuat sesuatu yang unik dan kawaii dari kolaborasi mereka yang akan segera terlaksana.

jisho6

Anime Fune wo Amu bercerita tentang sebuah penerbit yang berusaha untuk menerbitkan sebuah kamus bahasa Jepang ukuran sedang dengan nama Daitokai (Untuk info animenya yang lebih mendetail silahkan baca di sini).

Lalu kolaborasi dengan sanrio adalah, membuat sesuatu seperti original maskot untuk karya unik tersebut kepada penerbit kamus. Sanrio menciptakan beberapa macam karakter motif kamus yang diberi nama sapaan secara general ‘Jishotanzu’. Buat lebih jelasnya lihat penampakan mereka dibawah ini

Yang ingin tahu tentang bermacam-macam hal bernama ‘Kai-kun’.

jisho4

yang maniak dan sangat menyukai kata-kata yang klasik bernama ‘Hiroshi’,

jisho2

Yang menyukai kata-kata yang mudah untuk dimengerti bernama ‘Rinta’,

jisho3

yang sangat faham dengan kata-kata terkini bernama ‘Sen-kun’,

jisho5

dan demikianlah keempat bentuk karakter kamus dibuat. Para ‘Jishotanzu’ ini akan muncul dalam anime per episodenya dalam special corner dengan nama ‘Oshiete! Jishotanzu’ . Dalam program tersebut akan membicarakan tentang pengetahuan seputar ‘Unchiku dan mame’.

Pengisi suara dari masing-masing karakter juga telah ditentukan dengan hasil, Shibuya Azuki, Sarah Emi Bridcutt, Taichi You, dan Matsuda Satsumi, masig-masing dari mereka akan memainkan keempat karakter.

Sanrio Kamus

Tv anime “Battery”  yang ditayangkan oleh TV Fuji, merilis baton-promosional-video pada tanggal 22 September kemarin. Dalam akhir video tersbut noitamina 2 yang menjadi jembatan besar karya sastra akan dapat didengarkan kata kata dari dialog Mitsuya dalam ‘Fune wo Amu’, Tidak hanya itu, di akhir video promosi para ‘Jishotanzu’ juga muncul.

Jadi sebelum penyiaran pada bulan Oktober anda dapat menyaksikan kepribadian karakter.  Selain itu pada tanggal 23 akan dilakkan pemutaran pv dari ‘Fune wo Amu’ dalam acara Tokyo international Book Fair, dan juga pada tanggal 24 dan 25 selama dua hari ‘Umi-kun’ akan berkunjung. Hal ini sepertinya digunakan sebagai kegiatan promosi aktif anime ‘Fune wo Amu’.

Lucu-Lucu kan maskot kamusnya.. 😀 Jika kamus yang kita punya seperti itu, pasti gak bakalan bosen untuk terus membaca kamus tersebutkan.