Halo Akiba-chan dan Akiba-kei. Kita sudah memasuki minggu kedua bulan November. Dari awal November minggu lalu ada beberapa kabar dari dunia movie Jepang. Kebetulan yang cocok, mengingat akan ada Japanese Film Festival di Jakarta diakhir bulan November ini nanti. Melanjutkan kabar movie, kali ini kita kedapatan kabar baru lagi dari movie Kimi no Na wa buatan Shinkai Makoto. Yup, kabar kekerenan anime ini masih saja bermunculan walaupun animenya keluar dari sekitar tiga bulanan lalu. Saking kerennya, sekarang diumumkan kalau movie Kimi no Na wa masuk konsiderasi Oscar, alias Academy Award!

Walah walah.. Kimi no Na wa ini malah makin laris saja. Selama sembilan minggu berturut-turut movie ini dengan tangguhnya mempertahankan posisi nomor 1 movie bioskop Jepang. Rekor ini tapi uniknya dipecahkan di minggu ke-10, jelang hari Halloween lalu, oleh movie Death Note Light Up the NEW World (wah kok serasa supernatural gitu ya ini kebetulannya 😀 mungkin karena Ryuk nari PPAP nih) yang meraih posisi 1 dan Kimi no Na wa turun ke posisi 2. Tapi kemudian di minggu ke-11 ini Kimi no Na wa bangkit lagi jadi nomor 1, dengan Death Note menempati posisi 2.

Kimi no Na wa sekarang menempati posisi 7 dalam list Highest Grossing Film dalam sejarah Jepang, dan posisi 4 dalam Highest Grossing Anime Film di Jepang, dengan posisi Top 3 masih dipegang oleh tiga karya Ghibli; Mononoke Hime, Howl’s Moving Castle, dan Spirited Away. Spirited Away sendiri, sampai saat ini adalah satu-satunya anime dalam sejarah, yang berhasil meraih penghargaan Oscar untuk Best Animated Feature Film di Academy Award.

Sekarang dengan movie Kimi no Na wa telah dikonfirmasi oleh Funimation Film untuk masuk list konsiderasi nominasi untuk Best Animated Feature dalam Academy Award ke-89. Jika buah karya Shinkai Makoto ini berhasil lolos konsiderasi dan masuk nominasi, ada kemungkinan Kimi no Na wa bisa menjadi anime kedua dalam sejarah yang berhasil mendapatkan penghargaan Oscar!

Betewe sedikit kabar trivia tambahan lagi, bagi mina-san yang lagi/ke Jepang bulan ini, terutama daerah Osaka. Akan diadakan event Gokon (Matchmaking, semacam mak comblang gitu deh) bertema Kimi no Na wa pada tanggal 12 November. Acara ini akan diadakan dari jam 11.30 pagi sampai jam 3 sore di No Name Cafe di Nanba, dimana akan disediakan juga game dan All U Can Eat Buffet. Persyaratan termasuk berumur minimal 20 tahun dan fans movie Kimi no Na wa. Cocok ya dengan tema cerita movienya dengan kisah yang romantis 😉

Kita tunggu tanggal 26 Februari 2017 nanti saat Academy Award ke-89 diadakan, untuk melihat apakah Kimi no Na wa akan berhasil mendapatkan penghargaan besar ini 🙂

academy award