Jaman modern ini yang mengalami perkembangan dan melahirkan hal baru tak hanya teknologi, tapi juga budaya, dalam bentuk kata. Ada berbagai kata-kata baru yang lahir saat ini, kita di Indonesia ada kata macam woles, mager, baper, galau, 4L4y, dan lain-lain. Dan tentu itu tak hanya disini, Jepang juga memiliki perkembangan dalam kata-kata modern, apalagi yang banyak dipakai jadi kata-kata slang netizen Jepang.

Dan yang menarik lagi, adalah kata-kata tersebut juga telah masuk dalam list kata-kata di buku kamus. Tepatnya, dalam edisi terbaru dari Kamus Jepang Modern Baru Sanseido, yang baru dirilis tanggal 16 Oktober kemarin, yang menambahkan jumlah kata dalam kamus itu sebanyak 1.000 kata baru, menjadikan total katanya 77.500.

Kamus tersebut mempromosikan dirinya dengan penuh percaya diri, mengatakan kalau kamus itu adalah “Satu-satunya Kamus yang Diperlukan Murid SMA” karena kamus tersebut memang ditargetkan untuk remaja. Tapi seorang blogger Jepang dan penggemar Kamus bernama Nagasawa mengatakan kalau menurutnya kamus tersebut Lebih lagi dari itu, dan tak dapat diremehkan.

Dengan harganya yang kurang lebih sebesar 2.800an Yen dan kata-kata yang diterangkan didalamnya, Nagasawa mengatakan kamus itu patut dimiliki oleh bahkan mereka yang bukan murid SMA, dengan memasukan kata yang banyak dipakai netizen Jepang. Berikut beberapa contohnya, ayuk sekalian belajar 😉 mina-san;

  • Kusa 草 yang berarti Rumput. Tapi kata ini sering terlihat di komen video NicoNico, yang punya arti mirip LOL, karena itu adalah alternatif dari komen tawa Wkwkwk di Jepang, yang bertuliskan wwwwww yang jika dilihat mirip dengan gambar rumput.
  • Numa, yang memiliki arti Rawa, tapi juga memiliki makna “lagi tenggelam/terperangkap/kecanduan akan suatu hobi”.
  • Yabai, yang berarti Bahaya, sekarang juga telah diberikan update akan arti lainnya, yaitu rasa kekaguman yang berasal dari alasan yang tak begitu jelas.
  • Pochi-ru yang berasal dari kata Pochi yang merupakan onomatope tekan tombol, yang berarti melakukan beli barang online.
  • Maunto yang berasal dari kata Inggris Mount atau menaiki (makhluk hidup seperti kuda atau kerbau) yang berarti memposisikan diri diatas seseorang atau berakting sombong.
  • Giga yang merupakan slang untuk traffic bandwidth.
  • Sukusho yang merupakan slang dari kata Screenshot.
  • Gugu-ru yang merupakan slang untuk Google Searching.
  • Bazu-ru yang merupakan slang dari kata nge-buzz alias going viral.

Dan lain-lain lagi~ bagi misalkan ada mina-san yang tertarik, bisa mencoba Pochi-ru 😉 dari website Amazon disini.

Comments