Segala hal ada plus minusnya. Mau sebagus dan sebanyak apapun pujian yang diterima kepada sebuah karya, pasti akan ada juga yang melontarkan kritik. Bahkan sutradara anime terkemuka generasi ini, Shinkai Makoto, juga mengalaminya kemarin-kemarin, saat muncul kabar kalau ia mendapatkan kritik dari Tomino Yoshiyuki sang creator Gundam. Dimana Tomino mengkritik tak adanya sex dalam anime Shinkai.

Tomino mengutarakan pendapatnya tersebut dalam wawancaranya bersama majalah mingguan Playboy Jepang, dimana ia membicarakan mengenai film kompilasi 5 bagian dari anime Mobile Suit Gundam Reconguista in G, yang bagian pertamanya akan ditayangkan pada tanggal 29 November ini.

Dalam wawancara itu Tomino mengatakan ia membuat G-Reco seperti seri-seri anime masa kecilnya, yang kini telah digantikan oleh anime karya KyoAni dan Shinkai. Setelah itu ditanya pendapatnya mengenai kedua nama tersebut, yang dijawab Tomino kalau ia melihat mereka sebagai rival.

Setelah itulah ia membicarakan Shinkai, yang mengatakan kalau menurutnya anime Shinkai adalah “kisah remaja lelaki dan perempuan yang selalu berusaha saling meraih tangannya masing-masing” dengan kritik “tapi tangan si lelaki tak pernah sampai ke selangkangan si perempuan. Kenapa mereka tidak lanjut lebih jauh lagi?”.

Ia kemudian lanjut dengan mengatakan “Saya ingin Shinkai membuat cerita dimana pasangannya tidak puas hanya sampai hubungan tanpa sentuhan fisik. Yah, ia masih muda, jadi kurasa ia bisa membuat film macam itu”.

Memang ada benarnya sih. Jika melihat karya Shinkai, semua memiliki unsur romance, tapi pasangan utama kisahnya tidak memperlihatkan hubungan cinta yang intim, tapi lebih kearah build-up sampai mereka saling cinta saja. Yang paling dekat palingan Kimi no Na wa dimana Taki yang dalam tubuh Mitsuha menggrepe-grepe dadanya sendiri, dan itu juga hanya running gag ringan.

Tapi ada sesuatu yang kocak setelah itu. Karena beberapa hari setelah kritik Tomino itu diketahui dan disebar netizen Jepang, secara kebetulan muncul kabar lain yang terasa terhubung dengan kritik “selangkangan” tersebut.

Karena baru diberikan pengumuman akan perilisan dari… JAV Parody anime Tenki no Ko – Weathering With You 😀 yang berjudul Meiki no Ko – Pussy With You yang dibuat oleh TMA yang sebelumnya juga telah membuat JAV Parody dari Kimi no Na wa. Naaah kalau itu tuuuh pasti teraih sampai selangkangan 😉