Mungkin anime dengan perjalanan yang paling menarik pada musim ini adalah anime adaptasi dari manga Ishuzoku Reviewers. Anime eccHi SEXy Fantasy tersebut mengalami keadaan yang naik turun naik selama penayangannya layaknya kisah petualangan fantasy. Dan mereka mengalami tantangan baru lagi, karena baru-baru ini dikabarkan kalau anime Ishuzoku Reviewers akan jadi subjek review anime dari BPO.

Bagi yang belum tahu, Ishuzoku Reviewers berasal dari manga karya Amahara dan masha mengenai kisah dua petualang bernama Stunk dan Zel dan teman-teman mereka yang membuat review mengenai kepuasan seksual mereka dalam berhubungan intim dengan beragam monster girl yang bekerja di distrik lampu merah.

Dengan prostitusi dan sex menjadi highlight dari kisah animanga tersebut, membuat perjalanan anime Ishuzoku memiliki awal yang tidak mulus. Perilisan anime itu diluar Jepang oleh distributor anime Amerika Funimation diberhentikan, dan begitu juga penayangannya di channel TV Jepang Tokyo-MX dan SUN TV.

Tapi menariknya belakangan ini keadaan jadi membaik, karena walau hilang dua channel yang mau menayangkannya anime itu, kemudian muncul dua channel lain yang justru mau menayangkannya, yaitu channel Gifu Broadcasting System dan Biwa Broadcasting Corporation.

BPO yang merupakan badan pengawas penayangan TV Jepang, juga sudah dari awal mendapatkan banyak protes mengenai anime itu. Pada tanggal 22 Februari kemarin mereka mengadakan meeting untuk mendiskusikan berbagai keluhan dari para penonton akan anime tersebut yang diterima oleh BPO dari pertengahan Januari.

Selain menampilkan industri sex dalam sudut pandang yang positif, ada juga komplain menuliskan kalau itu acara yang sangat vulgar dan memperlakukan wanita layaknya objek, dan keluhan lain mengatakan merasa khawatir jika ada anak-anak yang menontonnya. Dan setelah itu mereka melakukan hal yang terasa agak ironis tapi menarik.

Diputuskan setelah mereview keluhan penonton dan mengkonsiderasikan pembatalan penayangan anime itu dan juga jam tayangnya pada larut malam, anggota-anggota BPO setuju untuk mencoba menonton anime itu dan mengisukan komentar mereka sendiri pada pertemuan BPO berikutnya pada tanggal 24 Maret. Penasaran akan hasilnya nih 😀