Dalam dunia animanga, lumayan umum bagi karakter untuk diumumkan tanggal lahirnya. Tapi kadang ada juga yang tahunnya tidak diberikan, dan Sakata Gintoki sang protagonis dari animanga Gintama adalah salah satunya. Dan bicara soal hal itu baru-baru ini akhirnya setelah belasan tahun, bahkan bisa dibilang setahun lebih setelah manga originalnya tamat, umur dari om samurai koplak rambut perak itu diberikan.

Gintama berawal sebagai manga history sci-fi comedy buatan Sorachi Hideaki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP yang pertama dimulai tahun 2003. Akan tetapi dikarenakan situasi “menarik” dari akhir manga Gintama, chapter akhir dan epilognya dirilis pada majalah manga Jump lain, Jump Giga, dan kemudian juga dirilis online via app Gintama.

Manga itu telah diadaptasi menjadi beberapa anime, dengan yang pertama diproduksi studio Sunrise, dan setelah itu berganti studio ke Bandai Namco Pictures. Selain itu ada juga dua anime movie dan dua film adaptasi live-action.

Dan saat ini, seri tersebut sedang hot menayangkan film anime Gintama The Final. Sesuai dengan judulnya, film tersebut mengadaptasikan kisah akhir dari manga Gintama, menjadikannya bagaikan penutup dari seri anime Gintama.

Dan sekalian balik kepada topik utama, channel Youtube resmi Gintama merilis video spesial untuk merayakan film tersebut, yang sayangnya region lock jadi hanya bisa ditonton di Jepang. sesuatu yang disayangkan karena dalam video itu ditemukan sebuah info menarik, yang dikatakan diawal yaitu mengenai umur dari Gin-chan.

Sesuatu yang menarik adalah disitu dikatakan kalau para staff anime Gintama…  juga tidak ada yang tahu. Tapi ada yang tahu, yaitu sang editor original dari manga Gintama, Onishi Kouhei, dan dalam video itu ia akhirnya memberikan umur dari Gin-chan yang berumur… 27 tahun di anime original, dan 29 tahun pada bagian akhirnya.

Onishi juga menjelaskan kenapa umur Gintoki tak diberikan dari awal, yang dikatakan karena saat manga itu baru berjalan ia khawatir umurnya yang tergolong tua akan membuat pembaca manga JUMP yang ditargetkan untuk anak muda jadi tak terlalu menyukainya.

Karena itu ia meminta Sorachi untuk tidak memberitahukannya, dan sampai akhir hal tersebut juga tak dikatakan. Sesuatu yang kini bisa tak masalah diberikan betapa besar popularitas seri itu, sampai bisa jadi anime pertama yang mengalahkan film Kimetsu no Yaiba Mugen Train.