Pembaca setia Akiba Nation. Buat kalian yang barusan ngeh tentang jejepangan mungkin agak kurang paham ya sama golongan musik enka. Enka (演歌) adalah salah satu genre musik Jepang yang bernada sentimental dan secara unik mengekspresikan luapan perasaan orang Jepang. Penyanyi enka menyanyikan lagu menggunakan teknik menyanyi yang disebut melisma. Kalau di Indonesia, nggak jauh beda sama musik keroncong kali ya. Kalian suka keroncong? berarti kalian seumuran dengan mimin. Nah, ngomongin masalah enka. Ada satu talent lokal yang kece abis nih. Nama aslinya M.Kresna Indrawan, tapi lebih sering di sapa Kresna Ono atau Ono Enka. Ono apane, ya… pasti ono apa-apane 😀

Ono Enka
Bang Ono dengan style visual kei nya

Bang Ono Enka ini merupakan pelaku “utattemita” yang berasal dari Bandung. Awal terjun ke dunia musik, passion nya ingin menjadi Guitarist dan tidak terpikir sedikitpun untuk berkarir solo apalagi bernyanyi enka. Yes, akiba-chan dan akiba-kei yang udah expert pasti tau kan ya. Nyanyi enka itu nggak cuma asal njeplak, perlu skill khusus dan perjuangan ekstra.

Makanya bang Ono Enka ini juga awal-awalnya belum begitu tertarik sama enka. Bahkan menurut pengakuan pribadi, ia sempat membuat Pop Band plus Visual Kei sebagai Bassist. Tidak lama hanya bertahan kurang lebih satu tahun bergabung, akhirnya ia memutuskan untuk mundur dari Band tersebut. Mundur total seoalh nggak pengen bermusik lagi. Pada awal bulan Maret 2016 ia mencoba mengikuti Lomba Cover sing di sebuah Event di Braga city walk Bandung dengan niat “Iseng” ingin membawa kan sesuatu yang berbeda di Jejepangan.

Tanpa di duga inilah yang menjadi titik balik karirnya di dunia enka. Dari situ ia pun mulai mengikuti lomba-lomba berikutnya, dan tak sedikit yang pulang dengan membawa gelar Juara. Hingga akhirnya cahaya harapan pun datang makin bersinar. Abang keren ini menjadi Bintang Tamu dengan nama panggung “Ono Enka”. Tentunya sejak saat itu semangatpun kembali memancar.

Yup, bang Ono Enka berkarir di dunia enka selain untuk Hobby dan Menghibur juga memiliki visi untuk lebih mengenalkan enka kepada teman-teman pop culture enthusiast. Penyanyi enka dari kalangan sensei-tachi di universitas mungkin sudah banyak namun tidak begitu dikenal karena jenis musik yang dibawakan juga bukan jenis yang mencolok. Tetapi bang Ono sendiri punya misi yaitu ingin menjadi Penyanyi Enka pertama di Indonesia dan dapat menyanyikan Enka langsung di negara asalnya dengan membawa nama Indonesia.

Well, good job bang! Teruslah berkarya untuk bangsa dan negara dengan jalan unik yang telah dipilih! 😀 Sukses selalu juga untuk karirnya~