Saat ini, jika kita membicarakan seri light novel terkenal, Sword Art Online memang menjadi salah satunya. Walau seri tersebut telah mendapatkan kritikan yang juga tidak sedikit, tak dapat dipungkiri kalau Sword Art Online adalah salah satu seri light novel tersukses dan paling dikenal saat ini. Dan baru-baru ini ada yang menggembirakan yang terjadi pada seri tersebut, yaitu perayaan LN SAO Anniversary yang ke-10 tahun!

Angka yang agak mengejutkan ya, tapi itu benar. Volume paling pertama dari light novel Sword Art Online dirilis pada tanggal 10 April 2009 lalu. Dan menarik juga melihat perayaan 10 tahun ini terjadi tak lama setelah anime baru Sword Art Online Alicization selesai tayang.

Tapi tak perlu khawatir, karena anime Sword Art Online Alicization hanya beristirahat. Mereka masih akan berlanjut lagi setelah istirahat selama 1 cour. Dengan babak kelanjutannya, Sword Art Online Alicization – War of Underworld, akan dimulai pada bulan Oktober 2019 nanti.

Tapi kita kembali ke poin awal, dengan perayaan 10 tahun perjalanan light novel SAO, yang masih berlanjut juga sampai sekarang. Untuk perayaan penting ini, telah dibuka website spesial juga, yang berisikan ilustrasi spesial yang digambarkan oleh abec, sang ilustrator light novel SAO.

Gambar yang terlihat begitu mengenang perjalanan Sword Art Online, memperlihatkan sang protagonis Kirito dan heroine Asuna dalam berbagai wujud desain mereka. Disitu juga ada bagian Special Novel, tapi saat ini masih kosong, yang mungkin sesuai namanya, akan berisikan cerita spesial oleh Kawahara Reki sang author SAO.

Lalu bagaimana pendapat Kawahara sendiri akan momen menggembirakan ini? Ia telah memberikan komentar akan hal tersebut. Ia selalu mengatakan terus menerus kalau “golku adalah untuk bertahan selama 10 tahun” dan kini gol tersebut menjadi nyata, membuatnya merasa puas tapi juga sedikit terasa kurang.

Perjalanannya sejak ia memulai serialisasi SAO dari website miliknya tak pernah lurus. Ada beberapa saat dimana ia begitu sakit dan tertekan sampai ia pikir ia sudah tak kuat lagi menulis. Tapi selama 10 tahun ia bisa lanjut berkat mereka yang mendukungnya, dan berterima kasih kepada pembaca, penonton, dan pemain, yang mendukungnya.

Kawahara mengatakan kalau ia belum mengeset gol berikutnya, tapi ia akan lanjut menulis novel secara perlahan untuk 15 sampai 20 tahun kedepan. Selamat ya Kawahara sensei! Ganbattekudasai 😉